Jumat, 27 Oktober 2017

Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis

TUJUH KHASIAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis - Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal dalam dunia medis adalah kemampuannya didalam Mengobati kanker dan juga segala macam penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat menjadi  anti oksidan yang ampuh sekali dalam memerangi radikal bebas.  Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis - Bawang merah pada umumnya dipakai  sebagai bumbu masakan.  Bawang merah yaitu bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya adalah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu bawang merah juga ialah  makanan padat nutrisi yang rendah kalori serta banyak nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh.  Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah memiliki kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur .

Kandung gizi yang banyak pada bawang  merah menjadikannya tidak kalah dengan bawang putih yang  sama_sama mampu menangkal  penyakit yang berbahaya.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi menjadi  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat lezat|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali rasanya.  Tapi  kalau bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, akan tetapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu karna jika anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis - Sayuran allium telah diteliti dengan ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  serta kanker kolorektal.  Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung sebab sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya.  Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga adalah sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Kanker Prostat


Dalam sebuah studi  yang  diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Mereka menemukan bahwa laki-laki dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Berbagai  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan dalam bawang,  dapat membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  tidak Cuma suasana hati,  tapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur dalam bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Bawang putih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Bawang Bombay Bawang Putih Dan Jeruk Nipis - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Akan tetapi bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak Kecil


Anak anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, dan itu bisa jadi penyebab perut kembung.   Untuk mengatasi perut kembung adalah dengan cara,  ambil bawang merah kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, kemudian oleskan pada bagian pusar si kecil.

Mampu Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak-anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambah dengan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun  tidak sangat serius,  mengonsumsi bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah,  dapat memperburuk mulas terhadap orang yang mempunyai sakit maag kronis atau  penyakit refluks lambung, menurut salah satu penelitian 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang akan mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang  hijau mengandung jumlah vitamin K yang banyak, yang  dapat menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan atau alergi terhadap bawang,  tapi  kasus_kasus yang  jarang  terjadi, menurut sebuah artikel pada Journal of Allergy and Clinical Immunology. seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan dan ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras dan  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengonsumsi bawang merah yang  mulai busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari dan berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh-jauh dari kentang, karena  akan  menyerap kelembaban gas kentang  serta menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang yang memiliki rasa lebih tajam,  dapat  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah sebagai pengawet alami juga.

Jangan menyimpan  bawang  yang ingin dimasak,  dalam mangkuk ataupun wadah berbahan logam sebab hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang akan menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih kalau  dijadikan bumbu masakan.