Rabu, 26 September 2018

Fungsi Kegunaan Jahe

BEBERARAP KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN


Fungsi Kegunaan Jahe

Fungsi Kegunaan Jahe - Jahe ialah termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal yang  di percaya dari  dulu bisa bermanfaat baik untuk kesehatan, contohnya seperti  menyembuhkan Mual, batuk, nyeri otot hingga kanker.  Kalau dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Fungsi Kegunaan Jahe - Jahe mempunyai  sejumlah senyawa kimia yang  diyakini mampu memberikan effek positif pada lambung serta usus.  Senyawa yang terkandung didalam jahe juga bisa meredakan rasa mual.  Fungsi Kegunaan Jahe

 

Berikut ini lima kondisi yang mungkin efektif  jika diatasi dengan mengonsumsi  jahe:

 

Pusing


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  namun biasanya juga terasa seperti melayang dan kekurangan keseimbangan.  Jahe dipercaya ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu juga jahe dipercaya mampu mengurangi rasa mual.  Fungsi Kegunaan Jahe

 

Meredakan Nyeri Saat Sedang Menstruasi


Untuk perempuan yang  ketika menstruasi sering merasa nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Seuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi  jahe dapat membantu meredakan nyeri saat sedang menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

 

Bermanfaat Mengobati Morning Sickness


Kondisi mual dan juga muntah ini kerap  dialami oleh banyak wanita di awal masa kehamilan.  Untuk anda yang mengalami hal demikian jangan khawatir, sebab  anda bisa  mengonsumsi  jahe untuk meredakan rasa mual nya.  Tapi perlu di ingat juga bagi  wanita yang sedang hamil tidak di perbolehkan sembarangan mengonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

 

Mampu Mengobati Osteoarthritis


Menurut  sejumlah penelitian, rasa sakit  akibat  kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa yang terdapat pada  jahe bisa  mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga bisa  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang bisa meredakan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

 

Mual Dan Muntah Usai Operasi


Anda  bisa mengkonsumsi  jahe sebelem di oprasi, karna itu dapat meredakan rasa mual saat setelah anda di operasi.  Selain itu mengoleskan minyak jahe pada bagian pergelangan tangan juga mampu mencegah rasa mual.

 

Apakah Anda pernah  mendengar pernyataan bahwa jahe dapat berkhasiat  mencegah mabuk  darat  serta mabuk laut? Menurut  kebanyakan orang dengan mengkonsumsi jahe sebelum  bepergian lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Tapi ada kemungkinan juga hal itu tidaklah benar,  karena perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikannya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  namun tetap ada  efek samping  ringan yang dapat ditimbulkan,  seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  Kalau  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini dapat  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa orang yang harus berhati_hati dalam mengkonsumsi  jahe.  Mereka adalah  wanita  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, memiliki riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dalam segi medis manfaat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Tapi  anda dapat  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  sudah di sebutkan di atas.  Tetapi ada baiknya konsultasikan  terlebih dahulu  dengan  dokter sebelum mengkonsumsi jahe.  Fungsi Kegunaan Jahe