Sabtu, 29 September 2018

Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis

LIMA KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis

Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis - Jahe adalah obat-obatan herbal yang selalu dipercaya masyarakat dapat mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot sampai penanganan kanker.  Kalau ditinjau dari segi medis, setidaknya terdapat lima manfaat jahe yang baik bagi tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis - Jahe mempunyai  sejumlah senyawa kimia yang  diyakini bisa memberikan effek positif pada lambung dan usus.  Senyawa yang terkandung dalam jahe juga mampu meredakan rasa mual.  Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis

 

Berikut lima kondisi yang mungkin efektif  jika diatasi dengan cara mengonsumsi  jahe:

 

Berkhasiat Mengobati Pusing


Kondisi ini menjadikan  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  Dapat juga terasa seperti kehilangan keseimbangan atau terasa melayang.  Jahe diyakini ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu jahe dipercaya dapat meringankan mual.  Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis

 

Nyeri Menstruasi


Untuk wanita yang  ketika menstruasi sering merasakan nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Beberapa  penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa  membantu mengurangi  gejala nyeri menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan juga asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Kondisi mual dan muntah ini sering  dialami oleh banyak wanita pada awal masa kehamilan.  Sepertinya kondisi  ini bisa  di atasi  dengan mengonsumsi jahe.  Tapi perlu di ingat bagi  ibu yang sedang hamil tidak di perbolehkan sembarangan mengonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa, ekstrak jahe dapat  meredakan  rasa nyeri yang timbul akibat  kondisi ini.  Senyawa kimia yang terkandung  pada  jahe mampu  mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga mampu  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang bisa mengobati rasa sakit serta ketidaknyamanan.

 

Mual Dan Muntah Usai Operasi


Mengonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya bisa  mengurangi rasa mual serta muntah setelah operasi.  Selain itu mengoleskan minyak jahe pada bagian pergelangan tangan juga bisa mencegah rasa mual.

 

Apakah pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa jahe mampu mencegah mabuk darat dan laut? Berdasarkan  pengalaman beberapa orang,  mengkonsumsi  jahe  saat sebelum  bepergian  dapat membuat mereka merasa lebih baik. Namun  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasi hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Sepertinya jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  akan tetapi tetap memiliki  efek samping  ringan yang bisa ditimbulkan,  misalnya seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  Jika  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini bisa  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa kalangan  yang  perlu  berhati_hati  atau sebaiknya tidak mengonsumsi jahe.  Mereka  yaitu  ibu hamil  dan menyusui, penderita diabetes, mempunyai gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis khasiat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Akan tetapi  anda bisa  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  sudah di sebutkan di atas.  Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan.  Khasiat Rebusan Jahe Dan Jeruk Nipis