Senin, 24 September 2018

Makalah Khasiat Tanaman Jahe

5(LIMA) KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN


Makalah Khasiat Tanaman Jahe

Makalah Khasiat Tanaman Jahe - Jahe yaitu tanaman herbal yang kerap dipercaya masyarakat mampu mengatasi berbagai macam kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot sampai penanganan kanker.  Jika dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Makalah Khasiat Tanaman Jahe - Jahe memiliki  senyawa kimia yang  diyakini  bisa  menimbulkan efek positif  pada lambung  dan usus.  Tidak Cuma itu, senyawa ini mungkin bisa meredam rasa mual dengan cara memberi  efek pada otak dan sistem saraf.  Makalah Khasiat Tanaman Jahe

 

Berikut ini ialah beberapa  manfaat  jahe bagi kesehatan:

 


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo)ataupun kepala terasa ringan (lightheadedness).  namun biasanya juga terasa seperti melayang serta kekurangan keseimbangan.  Jahe dipercaya ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu juga jahe diyakini mampu mengurangi rasa mual.  Makalah Khasiat Tanaman Jahe

 

Nyeri Menstruasi


Untuk para wanita yang sering merasa nyeri saat menstruasi, bisa coba menkonsumsi ekstrak jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi.  Seuah penelitian sudah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi  jahe dapat membantu mengurangi nyeri saat sedang menstruasi.  Khasiat jahe sepertinya bisa disamakan dengan obat ibuprofen  serta  asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Pada awal masa kehamilan banyak wanita merasakan mual dan muntah.  Untuk anda yang mengalami hal seperti ini tidak usah khawatir, karena  anda bisa  mengkonsumsi  jahe untuk meredakan rasa mual nya.  Akan tetapi ingat,  wanita  hamil tidak boleh  sembarang mengkonsumsi asupan tertentu, khususnya obat-obatan tradisional.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa, ekstrak jahe bisa  meredakan  rasa nyeri yang timbul akibat  kondisi ini.  Senyawa yang terdapat pada  jahe mampu  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Jahe juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yaitu zat yang bisa  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Anda  bisa Mengonsumsi  jahe sebelem di oprasi, sebab itu bisa mengurangi rasa mual saat setelah anda di operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah pernah  mendengar sebuah pernyataan bahwa jahe berkhasiat  mencegah mabuk  darat  serta mabuk laut? Menurut  pengalaman banyak orang mengkonsumsi jahe sebelum  bepergian lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Namun  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengobati hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Inilah Effek Samping Dalam Mengkonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  namun  tetap saja memiliki effek samping,  misalnya seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, dan juga nyeri di ulu hati.  Jika  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini dapat  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa kalangan  yang  wajib  berhati_hati  atau sebaiknya tidak mengonsumsi jahe.  Mereka ialah  ibu  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, mempunyai riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dalam segi medis khasiat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Tapi  anda bisa juga  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  sudah di sebutkan di atas.  Namun Sebaiknya untuk mengkonsultasikan  terlebih dahulu  dengan  dokter sebelum mengonsumsi jahe.  Makalah Khasiat Tanaman Jahe