Jumat, 28 September 2018

Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur

BEBERARAP KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur

Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur - Jahe ialah termasuk dalam salah satu tanaman herbal yang  diyakini dari  dulu bisa bermanfaat baik untuk kesehatan, misalnya seperti  mengobati Mual, batuk, nyeri otot hingga kanker.  Kalau ditinjau dari segi medis, setidaknya terdapat lima manfaat jahe yang baik untuk tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur - Jahe memiliki  sejumlah senyawa kimia yang  diyakini dapat memberikan effek positif pada lambung serta usus.  Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin bisa meredam rasa mual dengan cara memberi  efek pada otak serta sistem saraf.  Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur

 

Berikut ini lima kondisi yang sangat effektif  jika diatasi dengan mengkonsumsi  jahe:

 


Pusing  Ialah sebuah kondisi dimana saat itu anda merasa seperti berputar putar dan kepala terasa ringan.  tetapi biasanya juga terasa seperti melayang dan kekurangan keseimbangan.  Jahe diduga dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur

 

Nyeri Menstruasi


Bagi para perempuan yang sering merasa nyeri ketika menstruasi, boleh coba mengonsumsi ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi.  Seuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi  jahe bisa membantu mengurangi nyeri saat sedang menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen serta asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Pada awal masa kehamilan banyak wanita merasakan mual dan muntah.  Sepertinya kondisi  tersebut dapat  di atasi  dengan mengonsumsi jahe.  Namun perlu di ketahui,  wanita  hamil tidak boleh  sembarang mengonsumsi asupan tertentu, khususnya obat_obatan tradisional.  Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda.

 

Mampu Mengobati Osteoarthritis


Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa, ekstrak jahe dapat  mengobati  rasa nyeri yang timbul akibat  kondisi ini.  Senyawa kimia pada  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga dapat  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang dapat meredakan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Mengkonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya bisa  mengurangi rasa mual dan juga muntah setelah operasi.  Selain itu mengoleskan minyak jahe pada bagian pergelangan tangan juga bermanfaat mencegah rasa mual.

 

Apakah Anda pernah  mendengar sebuah pernyataan bahwa jahe berkhasiat  mencegah mabuk  darat  dan juga mabuk laut? Menurut  kebanyakan orang dengan mengkonsumsi jahe sebelum  melakukan perjaanan lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Tapi  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasi hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  namun tetap ada  efek samping  ringan yang bisa ditimbulkan,  seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa orang yang harus berhati_hati dalam mengkonsumsi  jahe.  Mereka  adalah  ibu hamil  dan menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis manfaat jahe memang  belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Meski begitu, Anda boleh mencobanya untuk mengatasi kondisi yang sudah disebutkan di atas.  Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan.  Manfaat Tanaman Jahe Kunyit Kencur