Kamis, 29 November 2018

Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah

LIMA KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN


Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah

Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah - Jahe yaitu tanaman herbal yang selalu dipercaya masyarakat bisa mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot sampai penanganan kanker.  Jika dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah - Jahe mempunyai  senyawa kimia yang  diyakini  dapat  menimbulkan efek positif  pada lambung  dan juga usus.  Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin dapat meredam rasa mual dengan cara memberikan  efek di otak serta sistem saraf.  Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah

 

Berikut ini ialah beberapa  khasiat  jahe bagi kesehatan:

 

Berkhasiat Mengobati Pusing


Kondisi ini menjadikan  Anda merasa seperti berputar (vertigo)ataupun kepala terasa ringan (lightheadedness).  namun biasanya juga terasa seperti melayang serta kekurangan keseimbangan.  Jahe diyakini ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah

 

Meredakan Nyeri Pada Saat Sedang Menstruasi


Untuk perempuan yang  saat menstruasi sering merasakan nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Banyak  penelitian menunjukkan bahwa Mengkonsumsi jahe bisa  membantu mengurangi  gejala nyeri menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan juga asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Pada awal masa kehamilan banyak wanita merasakan mual dan juga muntah.  Sepertinya kondisi  tersebut bisa  diminimalisasi  dengan mengonsumsi jahe.  Tapi perlu di ingat bagi  ibu yang sedang hamil tidak di perbolehkan sembarangan mengkonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

 

Mampu Mengobati Osteoarthritis


Menurut  sejumlah penelitian, rasa sakit  yang diakibatkan  kondisi ini dapat diobati dengan mengonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa yang ada di  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga mampu  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang dapat mengobati rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Anda  bisa mengkonsumsi  jahe sebelem di oprasi, karna itu dapat meredakan rasa mual ketika setelah anda di operasi.  Selain itu mengoleskan minyak jahe pada bagian pergelangan tangan juga mampu mencegah rasa mual.

 

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan yang menyatakan bahwa jahe dapat mencegah mabuk darat dan juga laut? Berdasarkan  pengalaman beberapa orang,  mengkonsumsi  jahe  saat sebelum  melakukan perjalanan  bisa membuat mereka merasa lebih baik. Tapi  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengobati hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe mampu membantu menurunkan berat badan.

 

Inilah Effek Samping Dalam Mengkonsumsi Jahe


Jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  namun tetap memiliki  efek samping  ringan yang bisa ditimbulkan,  misalnya seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, dan nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa kalangan  yang  wajib  berhati-hati  atau sebaiknya tidak mengkonsumsi jahe.  Mereka adalah  ibu  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, mempunyai riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dalam segi medis khasiat jahe memang  belum ada yang benar_benar terbukti efektif. Walau begitu, Anda bisa mencobanya untuk mengatasi kondisi yang telah disebutkan di atas.  Tetapi Sebaiknya untuk mengkonsultasikan  terlebih dahulu  dengan  dokter sebelum mengkonsumsi jahe.  Khasiat Dan Kegunaan Jahe Merah