Rabu, 31 Januari 2018

Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita

5(LIMA) KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita

Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita - Jahe merupakan tanaman herbal yang selalu dipercaya oleh kebanyakan orang bisa mengatasi berbagai macam kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot sampai penanganan kanker.  Apabila ditinjau dari segi medis, setidaknya terdapat lima manfaat jahe yang baik untuk tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita - Jahe mempunyai  sejumlah senyawa kimia yang  diyakini mampu memberikan effek positif pada lambung dan juga usus.  Senyawa yang terdapat didalam jahe juga bisa meredakan rasa mual.  Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita

 

Berikut ini adalah beberapa  manfaat  jahe untuk kesehatan:

 

Pusing


Pusing  Ialah sebuah kondisi dimana saat itu anda merasa seperti berputar putar serta kepala terasa ringan.  namun biasanya juga terasa seperti melayang dan kekurangan keseimbangan.  Jahe diduga dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita

 

Meredakan Nyeri Saat Sedang Menstruasi


Bagi para perempuan yang sering merasa nyeri ketika menstruasi, bisa coba menkonsumsi ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi.  Seuah penelitian sudah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi  jahe dapat membantu mengurangi nyeri saat sedang menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen serta asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Kondisi mual dan muntah ini kerap  dialami oleh banyak wanita pada awal masa kehamilan.  Bagi anda yang mengalami hal seperti ini jangan khawatir, sebab  anda dapat  mengkonsumsi  jahe untuk meredakan rasa mual nya.  Tapi perlu di ingat juga bagi  wanita yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi sesuatu, khususnya obat-obatan.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Berdasarkan  sejumlah penelitian, rasa sakit  akibat  kondisi ini dapat diobati dengan mengkonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa yang terdapat di dalam  jahe mampu  mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi.  Jahe juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yaitu zat yang  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Mengkonsumsi  jahe  sebelum  operasi sepertinya dapat  mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah pernah mendengar klaim yang menyatakan bahwa jahe mampu mencegah mabuk darat serta laut? Menurut  pengalaman beberapa orang,  mengkonsumsi  jahe  sebelum  bepergian  bisa membuat mereka merasa lebih baik. Tapi  sayangnya  terdapat kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasi hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  Begitu pula dengan pernyataan manfaat jahe yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  akan tetapi  tetap saja ada effek samping,  seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  Apabila  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini dapat  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa orang yang perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi  jahe.  Mereka  ialah  ibu hamil  atau yang sedang menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis khasiat jahe memang  belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Walau begitu, Anda boleh mencobanya untuk mengatasi kondisi yang sudah disebutkan di atas.  Tapi ada baiknya untuk mengkonsultasikan  lebih dulu  dengan  dokter sebelum mengonsumsi jahe.  Apa Manfaat Jahe Bagi Tubuh Kita