Minggu, 28 Januari 2018

Khasiat Bawang Hitam Manis

7 MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Khasiat Bawang Hitam Manis - Khasiat bawang merah yang Terkenal sekali didalam dunia medis adalah Khasiatnya didalam Mengobati kanker dan beberapa jenis penyakit berbahaya.  Ia juga dapat  dijadikan sumber antioksidan yang  dapat untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh.  Khasiat Bawang Hitam Manis

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Khasiat Bawang Hitam Manis - Biasanya bawang merah dipakai untuk bumbu masakan.  Bawang merah yaitu bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya ialah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu bawang merah juga ialah  makanan kaya akan nutrisi yang rendah kalori serta banyak nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh.  Khasiat Bawang Hitam Manis

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Banyaknya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat lezat|Memasak dengan menggunakan bawang merah tentunya akan sangat sedap.  Namun beberapa hipotesis memungkinkan mampu menghambat pertumbuhan tumor Serta kanker.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang  mampu  melawan pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Mereka menemukan bahwa laki-laki dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran dapat mengurangi resiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, ini tidak hanya mempengaruhi suasana hati tapi juga tidur serta nafsu makan .

 

Baik Untuk Jantung


Khasiat Bawang Hitam Manis - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Khasiat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Khasiat Bawang Hitam Manis - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Akan tapi bawang merah juga dapat meringankan banyak gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Kecil


Anak kecil bisa dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk menanganinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak_anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambah dengan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun efeknya tidaklah berbahaya,  namun dapat menjadi masalah untuk kesehatan. Bawang  mempunya karbohidrat  yang menjadikan gas dan kembung.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah memiliki kandungan jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang dapat menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  tapi  kasus-kasus yang  jarang  terjadi, menurut sebuah artikel pada Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah bisa jadi mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang dengan intoleransi  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras dan mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda_tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang merah dengan bersamaan,  karena bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang yang mempunyai rasa yang lebih tajam,  akan  bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang lebih manis seperti bawang putih, sebab senyawa yang membuat rasa yang tajam tersebut adalah sebagai pengawet alami juga.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  atau wadah memiliki bahan dasr logam ini akan menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah pada masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.