Rabu, 29 Agustus 2018

Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam

KHASIAT BAWANG MERAH SERTA RESIOK UNTUK KESEHATAN


 

Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam - Manfaat bawang merah yang sangat terkenal dalam dunia medis adalah Khasiatnya dalam Mengobati penyakit kanker serta berbagai jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa menjadi  anti oksidan yang sangat ampuh didalam menangkal radikal bebas.  Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam - Umumnya bawang merah di gunakan untuk bumbu masakan.  Bawang merah adalah bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya adalah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Tingginya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang juga sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah tentunya akan sedap sekali.  Namun  apabila bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, akan tetapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam - Sayuran allium telah  dilakkan penelitian secara ekstensi dalam manfaatnya untuk melawan kanker.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme nya belum ditemukan dimana dan bagaimana senyawa ini menghambat kanker. Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang mampu menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah hasil penelitian,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dan kenker.  Dan hasil dari penelitian itu ialah seorang pria  dengan mengkonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran bisa mengurangi resiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  dan laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium dalam hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan dalam bawang,  bisa membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  tidak hanya suasana hati,  namun juga tidur serta nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam - Bawang merah memiliki kandungan sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur, yang  dapat  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Khasiat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Khasiat Bawang Bombay Dan Daun Salam - Temulawak  dan  jahe sering sekali di jadikan sebagai obat-obatana tradisiional.  Akan tetapi bawang merah juga bisa menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan pada bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering terjadi  pada cuaca dingin dan menyerang anak kecil.

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun  tidak sangat serius,  mengkonsumsi bawang bisa menjadi masalah untuk sebagian orang. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menyebabkan gas dan kembung.  Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah,  bisa memperburuk mulas terhadap orang yang menderita sakit maag kronis ataupun  penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang akan mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang  hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang  mampu menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan atau alergi  terhadap bawang,  namun  kasus- kasus yang jarang terjadi . seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan serta ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  pada bawang merah mungkin juga akan merasa mual, dan muntah-muntah.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi,  haruslah dalam kondisi bersih, keras serta memiliki kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan dalam suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang serta di tempat yang berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh-jauh dari kentang, sebab  mereka akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu dapat membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  didalam  mangkuk  atau wadah memiliki bahan dasr logam ini dapat menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang cincang akan menjadikan bawang hilang banyak rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.