Selasa, 28 Agustus 2018

Manfaat Daun Bawang Seledri

MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIOK BAGI KESEHATAN


 

Manfaat Daun Bawang Seledri - Manfaat bawang merah yang menjadikannya fenomenal dalam dunia medis adalah Manfaatnya didalam Mengobati kanker serta segala macam penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat  dijadikan sumber antioksidan yang  mampu untuk menangani radikal bebas di dalam tubuh.  Manfaat Daun Bawang Seledri

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Daun Bawang Seledri - Bawang merah pada umumnya dipakai  sebagai bumbu masakan.  Bawang merah ialah bumbu wajib untuk  masakan, fungsinya adalah untuk penguat rasa masakan.  Selain itu bawang merah juga ialah  makanan padat nutrisi yang rendah kalori memiliki banyak mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat baik bagi tubuh.  Manfaat Daun Bawang Seledri

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor serta kalium antioksidan quercetin dan sulfur .

Banyaknya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama mampu menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap sekali|Memasak dengan memakai bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Namun  bagaimana kalau bawang merah yang masih dalam keadaan mentah? sepertinya agak berfikir sejenak untuk memakannya bukan, namun jangan dulu seperti itu karena manfaat bawang merah yang  akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan serta membantu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Pada sebuah studi  yang  diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.  Mereka menemukan bahwa seorang pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium didalam sayuran mampu mengurangi resiko terserang kanker perut.  Berbagai  penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium dalam hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang mempunyai kandungan folat yang memiliki kandungan yang membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, ini bukan Cuma mempengaruhi suasana hati tetapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Daun Bawang Seledri - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Bawang putih juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Daun Bawang Seledri - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan manfaat dari  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Namun bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak-anak bisa dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang sudah di bersihka lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telo, kemudian oleskan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering terjadi  pada cuaca dingin dan menyerang anak kecil.

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Meskipun efeknya tidak membahayakan,  tapi bisa menjadi masalah untuk kesehatan. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menjadikan gas dan kembung.  Bawang, terutama kalau dikonsumsi mentah,  bisa memperburuk mulas terhadap orang yang menderita sakit maag kronis ataupun  penyakit refluks lambung, menurut salah satu penelitian 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

Mengonsumsi sejumlah bawang  atau  meningkatkan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang  hijau mengandung jumlah vitamin K yang banyak, yang  bisa menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan juga alergi terhadap bawang,  tetapi  kasus-kasus yang  tidak sering  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. seseorang yang memiliki alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan dan ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengkonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras dan  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari serta berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh dari kentang, karena  akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah mempunyai rasa yang lebih tajam, dan itu dapat membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  memiliki rasa lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan pernah menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  atau wadah berbahan dasar logam ini bisa menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang cincang akan menyebabkan bawang hilang banyak rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih kalau  dijadikan bumbu masakan.