Jumat, 31 Agustus 2018

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

LIMA KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh - Jahe adalah obat-obatan herbal yang selalu dipercaya masyarakat bisa mengatasi berbagai kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker.  Jika ditinjau dari segi medis, setidaknya terdapat lima manfaat jahe yang baik untuk tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh - Jahe memiliki  kandungan senyawa kimia yang  diyakini  dapat  menimbulkan efek positif  pada lambung  dan juga usus.  Senyawa yang terdapat dalam jahe juga mampu meredakan rasa mual.  Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

 

Berikut ini lima kondisi yang mungkin efektif  kalau diatasi dengan cara mengkonsumsi  jahe:

 

Pusing


Kondisi ini menjadikan  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  Akan tetapi biasanya juga terasa seperti melayang dan kekurangan keseimbangan.  Jahe diyakini ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu juga jahe dipercaya mampu mengurangi rasa mual.  Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh

 

Nyeri Menstruasi


Bagi perempuan yang  saat menstruasi sering merasa nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Banyak  penelitian menunjukkan bahwa Mengkonsumsi jahe bisa  membantu mengurangi  gejala nyeri menstruasi.  Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen  serta  asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Di awal masa kehamilan banyak wanita merasakan mual serta muntah.  Sepertinya kondisi  ini bisa  di atasi  dengan mengonsumsi jahe.  Akan tetapi perlu di ketahui,  ibu  hamil tidak diperbolehkan  sembarang mengkonsumsi asupan tertentu, khususnya obat_obatan tradisional.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Mampu Mengobati Osteoarthritis


Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa, ekstrak jahe dapat  meredakan  rasa nyeri akibat  kondisi ini.  Senyawa yang terkandung pada  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Jahe juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yang  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Anda  dapat mengkonsumsi  jahe sebelem di oprasi, karna itu bisa meredakan rasa mual ketika setelah anda di operasi.  Selain itu mengoleskan minyak jahe di bagian pergelangan tangan juga bisa mencegah rasa mual.

 

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa jahe dapat mencegah mabuk darat dan laut? Menurut  pengalaman beberapa orang,  mengonsumsi  jahe  sebelum  bepergian  dapat membuat mereka merasa lebih baik. Tapi ada kemungkinan juga hal itu tidaklah benar,  karena perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikannya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  akan tetapi  tetap saja memiliki effek samping,  misalnya seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  Jika  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini bisa  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa orang yang harus berhati-hati dalam mengonsumsi  jahe.  Mereka  ialah  ibu hamil  atau yang sedang menyusui, penderita diabetes, mempunyai gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dari segi medis manfaat jahe memang  belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Meski begitu, Anda boleh mencobanya untuk mengatasi kondisi yang telah disebutkan di atas.  Tapi Sebaiknya konsultasikan  lebih dulu  kepada  dokter sebelum mengonsumsi jahe.  Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh