Selasa, 30 Oktober 2018

Kegunaan Minum Air Jahe

BEBERARAP MANFAAT JAHE UNTUK KESEHATAN


Kegunaan Minum Air Jahe

Kegunaan Minum Air Jahe - Jahe Adalah termasuk ke dalam salah satu tanaman herbal yang  diyakini dari  dulu dapat bermanfaat baik untuk kesehatan, contohnya seperti  menyembuhkan Mual, batuk, nyeri otot hingga kanker.  Kalau dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Kegunaan Minum Air Jahe - Jahe mengandung  sejumlah senyawa kimia yang  diyakini mampu memberikan effek positif pada lambung serta usus.  Senyawa yang terkandung didalam jahe juga bisa meredakan rasa mual.  Kegunaan Minum Air Jahe

 

Berikut ini adalah beberapa  khasiat  jahe bagi kesehatan:

 


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo)ataupun kepala terasa ringan (lightheadedness).  tetapi biasanya juga terasa seperti melayang serta kekurangan keseimbangan.  Jahe dipercaya ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Kegunaan Minum Air Jahe

 

Meredakan Nyeri Pada Saat Sedang Menstruasi


Bagi para perempuan yang sering merasa nyeri pada saat menstruasi, boleh coba mengonsumsi ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi.  Banyak  penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe bisa  membantu mengurangi  rasa nyeri menstruasi.  Manfaat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen  serta  asam mefenamat.

 

Bermanfaat Mengobati Morning Sickness


Kondisi mual dan juga muntah ini kerap  dialami oleh beberapa wanita di awal masa kehamilan.  Bagi anda yang mengalami hal seperti ini tidak usah khawatir, karena  anda dapat  mengkonsumsi  jahe untuk mengobati rasa mual nya.  Tapi perlu di ingat untuk  perempuan yang sedang hamil tidak di perbolehkan sembarangan mengonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Berdasarkan  sejumlah penelitian, rasa sakit  akibat  kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa kimia yang terkandung  pada  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang memicu peradangan sendi.  Jahe juga bisa merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yaitu zat yang  bermanfaat untuk mengobati rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Mengonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya dapat  mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah Anda pernah  mendengar pernyataan bahwa jahe bisa berkhasiat  mencegah mabuk  darat  dan mabuk laut? Menurut  kebanyakan orang dengan mengkonsumsi jahe saat sebelum  melakukan perjaanan lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Tapi ada kemungkinan juga hal itu tidaklah benar,  sebab perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikannya.  Begitu pula dengan klaim manfaat jahe yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  akan tetapi  tetap saja ada effek samping  yang  ditimbulkan,  contohnya seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa orang yang harus berhati-hati dalam mengonsumsi  jahe.  Mereka adalah  wanita  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, mempunyai riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dalam segi medis manfaat jahe memang  belum ada yang benar-benar terbukti efektif. Walau begitu, Anda boleh mencobanya untuk mengatasi kondisi yang sudah disebutkan di atas.  Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum memasukkan zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan.  Kegunaan Minum Air Jahe