Selasa, 30 Oktober 2018

Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe

BEBERARAP KHASIAT JAHE UNTUK KESEHATAN


Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe

Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe - Jahe ialah termasuk dalam salah satu tanaman herbal yang  diyakini sejak  dulu mampu bermanfaat baik buat kesehatan, contohnya seperti  mengobati Mual, batuk, nyeri otot hingga kanker.  Kalau dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe - Jahe memiliki  kandungan senyawa kimia yang  dipercaya  dapat  menimbulkan efek positif  pada lambung  dan usus.  Senyawa yang terkandung dalam jahe juga bisa meredakan rasa mual.  Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe

 

Berikut ini ialah beberapa  khasiat  jahe bagi kesehatan:

 

Berkhasiat Mengobati Pusing


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  Bisa juga terasa seperti kehilangan keseimbangan dan terasa melayang.  Jahe diyakini ampuh dalam meredakan pusing.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe

 

Nyeri Menstruasi


Untuk wanita yang  ketika menstruasi sering merasakan nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Seuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi  jahe bisa membantu mengurangi rasa yeri ketika sedang menstruasi.  Khasiat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Kondisi mual dan muntah ini sering  dialami oleh beberapa wanita pada awal masa kehamilan.  Sepertinya kondisi  tersebut bisa  di atasi  dengan mengkonsumsi jahe.  Tapi perlu di ingat bagi  perempuan yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

 

Osteoarthritis


Berdasarkan  sejumlah penelitian, rasa sakit  yang diakibatkan  kondisi ini bisa diobati dengan mengonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa kimia pada  jahe mampu  mengurangi zat kimia yang dapat memicu peradangan sendi.  Jahe juga bisa merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yang  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Mengkonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya dapat  mengurangi rasa mual serta muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada bagian  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah Anda pernah  mendengar sebuah pernyataan bahwa jahe berkhasiat  mencegah mabuk  darat  serta mabuk laut? Menurut  kebanyakan orang mengkonsumsi jahe saat sebelum  bepergian lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Tapi  sayangnya  terdapat kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasi hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  Begitu pula dengan pernyataan manfaat jahe yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Sepertinya jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  namun tetap ada  efek samping  ringan yang dapat ditimbulkan,  misalnya seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, dan nyeri di ulu hati.  Kalau  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini bisa  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa orang yang perlu berhati_hati dalam mengonsumsi  jahe.  Mereka ialah  wanita  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, memiliki riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dari segi medis manfaat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Namun  anda boleh  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  telah di sebutkan di atas.  Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan.  Manfaat Rebusan Sereh Dan Jahe