Kamis, 30 November 2017

Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh

TUJUH MANFAAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh - Manfaat bawang merah yang menjadikannya fenomenal di dunia medis adalah Khasiatnya dalam Mengobati kanker serta berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa menjadi  anti oksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh - Bawang merah umumnya digunakan  sebagai bumbu masakan.  Bawang merah adalah bumbu wajib untuk  masakan, fungsinya ialah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah adalah makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur .

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama mampu menangkal penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat lezat|Memasak dengan memakai bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Namun  apabila bawang merah yang masih mentah? Anda pasti akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, tapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab jika anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Mencegah Kanker


Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh - Sayuran allium sudah diteliti dengan ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  serta kanker kolorektal.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini bisa menghambat kanker belum diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga adalah sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu untuk  memerangi pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Pada sebuah penelitian  yang  diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Mereka menemukan bahwa seorang pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Berbagai  penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang memiliki kandungan yang membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, serta norepinephrine, ini bukan Cuma mempengaruhi suasana hati tapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Baik Untuk Jantung


Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur pada bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah serta peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Daun Bawang Bagi Tubuh - Temulawak  dan juga  jahe sering sekali di jadikan sebagai obat-obatana tradisiional.  Akan tetapi bawang merah juga mampu meringankan beberapa gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil


Anak-anak bisa dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak_anak.  Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambah dengan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun  tidak sangat serius,  makan bawang bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat pada bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang akan mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah memiliki kandungan jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan atau alergi  terhadap bawang,  tetapi  kasus_ kasus yang jarang terjadi . seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan dan ruam kalau bersentuhan dengan bawang merah.  Orang dengan intoleransi  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah serta ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh dari kentang, karena  akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  memiliki rasa lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  didalam mangkuk ataupun wadah berbahan logam karena hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.