Minggu, 31 Desember 2017

Khasiat Bawang Merah Kalimantan

MANFAAT BAWANG MERAH SERTA RESIOK UNTUK KESEHATAN


 

Khasiat Bawang Merah Kalimantan - Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis ialah Manfaatnya dalam Mengobati kanker serta segala macam penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa menjadi  anti oksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas.  Khasiat Bawang Merah Kalimantan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Khasiat Bawang Merah Kalimantan - Biasanya bawang merah di gunakan untuk bumbu masakan.  Bawang merah adalah bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya ialah untuk penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Khasiat Bawang Merah Kalimantan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur .

Banyaknya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang sama_ sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah dapat dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Tetapi  apabila bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, tetapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Khasiat Bawang Merah Kalimantan - Sayuran allium sudah diteliti dengan ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  serta kanker kolorektal.  Bawang merah tinggi akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker yang belum di ketahui diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor serta mutagenesis.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu  memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dan kenker.  Mereka menemukan bahwa seorang pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran mampu mengurangi resiko terserang kanker perut.  Telah banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums memiliki manfat positif, dan juga dapat  menghambat tumor setelah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang mempunyai kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan hanya suasana hati,  akan tetapi juga tidur serta nafsu makan dengan baik.

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Khasiat Bawang Merah Kalimantan - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur pada bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  dalam darah serta peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Khasiat Bawang Merah Kalimantan - Temulawak  dan juga  jahe sering di jadikan untuk obat_obatana tradisiional.  Tetapi bawang merah juga mampu meringankan banyak gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil


Anak kecil bisa dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan pada bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak-anak.  Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambah dengan minyak telon oleskan pada sekujur punggung dan dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun efeknya tidaklah membahayakan,  tetapi dapat menjadi masalah untuk kesehatan. Karbohidrat pada bawang bisa menyebabkan  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Bawang, terutama kalau dikonsumsi mentah,  bisa memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis dan juga  penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang atau menaikan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  namun  kasus_ kasus yang jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah bisa jadi mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah serta ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras dan  mempunyai kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  mulai busuk, bawang merah harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari serta berventilasi baik.  Semua jenis bawang  harus  disimpan  jauh dari kentang, karena  mereka akan  menyerap kelembaban gas kentang  serta menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang yang memiliki rasa yang lebih tajam,  bisa  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis seperti bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  dalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya erat sekali  dengan bawang putih jika  dijadikan bumbu masakan.