Rabu, 27 Desember 2017

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

LIMA MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN


Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh - Jahe merupakan tanaman herbal yang kerap dipercaya oleh kebanyakan orang dapat mengatasi berbagai macam kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot sampai penanganan kanker.  Jika dilihat secara medis maka setidaknya ada banyak manfaat yang terkandung pada jahe.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh - Jahe memiliki  kandungan senyawa kimia yang  diyakini  bisa  menimbulkan efek positif  di lambung  dan juga usus.  Senyawa yang terdapat didalam jahe juga bisa meredakan rasa mual.  Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

 

Berikut ini ialah beberapa  khasiat  jahe untuk kesehatan:

 

Berkhasiat Mengobati Pusing


Kondisi ini menjadikan  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  Akan tetapi biasanya juga terasa seperti melayang serta kekurangan keseimbangan.  Jahe dipercaya bisa meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu juga jahe dipercaya bisa mengurangi rasa mual.  Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

 

Meredakan Nyeri Pada Saat Sedang Menstruasi


Untuk para wanita yang sering merasa nyeri pada saat menstruasi, boleh coba mengonsumsi ekstrak jahe dengan dosis empat kali sehari selama tiga hari di awal menstruasi.  Seuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi  jahe bisa membantu meredakan rasa yeri ketika sedang menstruasi.  Manfaat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen  serta  asam mefenamat.

 

Bermanfaat Mengobati Morning Sickness


Kondisi mual dan juga muntah ini kerap  dialami oleh banyak wanita di awal masa kehamilan.  Sepertinya kondisi  tersebut dapat  diminimalisasi  dengan mengkonsumsi jahe.  Tapi perlu di ingat juga bagi  wanita yang sedang hamil tidak di perbolehkan sembarangan mengonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Menurut  sejumlah penelitian, rasa sakit  yang diakibatkan  kondisi ini dapat diobati dengan mengkonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa yang terkandung di  jahe bisa  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Jahe juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yang  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Mual Dan Muntah Usai Operasi


Mengkonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya dapat  mengurangi rasa mual serta muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada bagian  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah pernah  mendengar pernyataan bahwa jahe bisa berkhasiat  mencegah mabuk  darat  serta mabuk laut? Menurut  pengalaman banyak orang mengkonsumsi jahe saat sebelum  melakukan perjaanan lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Namun  sayangnya  terdapat kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengobati hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe bisa membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Sepertinya jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  namun tetap ada  efek samping  ringan yang bisa ditimbulkan,  misalnya seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  Jika  diaplikasikan pada kulit, kemungkinan tanaman ini bisa  menyebabkan iritasi.

 

Ada beberapa orang yang perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi  jahe.  Mereka  yaitu  ibu hamil  atau yang sedang menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis khasiat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Namun  anda boleh  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  telah di sebutkan di atas.  Namun Sebaiknya konsultasikan  lebih dulu  kepada  dokter sebelum mengkonsumsi jahe.  Khasiat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh