Rabu, 27 Desember 2017

Khasiat Bawang Merah

TUJUH MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Khasiat Bawang Merah - Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal dalam dunia medis ialah Manfaatnya dalam Mengobati kanker serta berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat dijadikan sebagai  anti oksidan yang sangat ampuh didalam memerangi radikal bebas.  Khasiat Bawang Merah

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Khasiat Bawang Merah - Bawang merah pada umumnya digunakan  untuk bumbu masakan.  Bawang merah ialah bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya ialah untuk penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah adalah makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Khasiat Bawang Merah

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Kandung gizi yang tinggi pada bawang  merah membuatnya tidak kalah dengan bawang putih yang  sam sama sangat ampuh menangkal  penyakit yang berbahaya.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan tentunya sangat lezat|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali rasanya.  Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan mampu menghambat pertumbuhan tumor dan juga kanker.

 

Bawang merah juga adalah sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang mampu menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Dalam sebuah studi  yang  diedarkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Hasil dari penelitian itu ialah laki_laki  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran dapat mengurangi resiko terserang kanker perut.  Telah banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums mempunyai manfat positif, dan juga dapat  menghambat tumor sesudah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.  Homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan hanya suasana hati,  akan tetapi juga tidur serta nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Khasiat Bawang Merah - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Khasiat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Khasiat Bawang Merah - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Akan tetapi bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak-Anak


Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, dan itu bisa menjadi penyebab perut kembung.   Untuk menangani perut kembung adalah dengan cara,  menggunakan bawang merah lalu kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering terjadi  disaat cuaca dingin serta menyerang anak_anak.

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun efeknya tidak berbahaya,  tapi bisa menyebabkan masalah untuk kesehatan. Karbohidrat dalam bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang atau menaikan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah memiliki kandungan jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  akan tetapi  kasus-kasus yang  jarang  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan serta ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah mungkin juga akan merasa mual, dan juga muntah_muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengkonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras serta  mempunyai kulitnya yang kering. Jangan sampai mengonsumsi bawang merah yang  mulai busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari dan berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang merah dengan bersamaan,  karena bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang yang memiliki rasa yang lebih tajam,  dapat  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan pernah menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  didalam mangkuk ataupun wadah berbahan logam karena hal ini akan menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih apabila  dijadikan bumbu masakan.