Jumat, 29 Desember 2017

Manfaat Bawang Merah Tunggal

7 KHASIAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Merah Tunggal - Khasiat bawang merah yang Terkenal sekali dalam dunia medis adalah Khasiatnya dalam Mengobati kanker dan beberapa jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat dijadikan sebagai  anti oksidan yang ampuh sekali dalam memerangi radikal bebas.  Manfaat Bawang Merah Tunggal

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Merah Tunggal - Umumnya bawang merah di gunakan sebagai bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali menjadi bumbu wajib pada masakan, sebab bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan.  Selain itu bawang merah juga adalah  makanan padat nutrisi yang rendah kalori serta banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh.  Manfaat Bawang Merah Tunggal

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Kandung gizi yang tinggi pada bawang  merah membuatnya tidak kalah dengan bawang putih yang  juga sama-sama sangat ampuh melawan  penyakit yang berbahaya.

 

Manfaat bawang merah dapat dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat sedap sekali|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali.  Akan tetapi  bagaimana Jika bawang merah yang masih dalam keadaan mentah? sepertinya akan berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tetapi jangan dulu seperti itu sebab manfaat bawang merah yang  dapat kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya.

 

Bawang merah juga adalah sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  mampu  melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Mereka menemukan bahwa seorang pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, memiliki risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Berbagai  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang memiliki kandungan yang membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, ini tidak hanya mempengaruhi suasana hati tapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Merah Tunggal - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur, yang  dapat  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Bawang Merah Tunggal - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Tapi bawang merah juga dapat meringankan banyak gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Kecil


Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon oleskan pada sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun efeknya tidaklah berbahaya,  tapi bisa menjadi masalah untuk kesehatan. Karbohidrat pada bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Bawang, terutama kalau dikonsumsi mentah,  dapat memperburuk mulas pada orang yang menderita sakit maag kronis atau  penyakit refluks lambung, menurut salah satu studi 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

Mengonsumsi sejumlah bawang  atau  meningkatkan konsumsi bawang mampu mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang  merah mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang  dapat menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  tetapi  kasus_ kasus yang jarang terjadi . seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan serta ruam kalau bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah mungkin juga bisa merasa mual, dan muntah_muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi,  haruslah dalam kondisi bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan dalam suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang serta bawang merah secara bersamaan,  karena bawang akan menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu dapat membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan pernah menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  didalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dalam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.