Jumat, 29 Desember 2017

Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh

KHASIAT BAWANG MERAH DAN JUGA RESIOK UNTUK KESEHATAN


 

Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh - Manfaat bawang merah yang menjadikannya fenomenal dalam dunia medis ialah kemampuannya dalam memerangi kanker serta berbagai penyakit berbahaya.  Ia juga bisa  dijadikan sumber antioksidan yang  dapat untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.  Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh - Umumnya bawang merah di gunakan sebagai bumbu masakan.  Bawang merah ialah bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya adalah untuk penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan padat nutrisi yang artinya rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Tingginya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang juga sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap|Memasak dengan memakai bawang merah tentunya akan sedap sekali rasanya.  Akan tapi  jika bawang merah yang masih mentah? Pasti anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, namun tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu karna kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pastilah anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Mencegah Kanker


Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh - Sayuran allium sudah diteliti secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  dan kanker kolorektal.  Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena bagian senyawa organosulfur mereka yang tinggi.  Walaupun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini bisa menghambat kanker belum diketahui. Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor serta mutagenesis.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C yang berfungsi untuk antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Kanker Prostat


Dalam sebuah penelitian  yang  diedarkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.  Hasil dari penelitian itu adalah pria  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums memiliki manfat positif, dan juga dapat  menghambat tumor setelah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  tidak hanya suasana hati,  akan tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl serta asam_amino sulfur, yang  bisa  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Bawang putih juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Bawang Daun Untuk Tubuh - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan manfaat dari  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Tapi bawang merah juga mampu meringankan banyak gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak Kecil


Anak anak bisa dengan mudah terkena masuk angin, dan itu bisa menjadi penyebab perut kembung.   Untuk mengatasi perut kembung adalah dengan cara,  menggunakan bawang merah lalu kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan pada bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering terjadi  disaat cuaca dingin serta menyerang anak anak.

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun efeknya tidak berbahaya,  namun bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menyebabkan gas dan kembung.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengkonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang ataupun menaikan konsumsi bawang akan mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang  merah mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang  bisa menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  namun  kasus_ kasus yang jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah mungkin juga akan merasa mual, serta muntah_muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi,  haruslah dalam kondisi bersih, keras dan mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda_tanda pembusukan. Bawang harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari cahaya terang serta di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang merah secara bersamaan,  karena bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang merah mempunyai rasa yang lebih tajam, dan itu dapat membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  ataupun wadah memiliki bahan dasr logam ini akan menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan serta bawang merah hubungan nya erat sekali  dengan bawang putih kalau  dijadikan bumbu masakan.