Kamis, 28 Desember 2017

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

TUJUH MANFAAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Khasiat bawang merah yang sangat terkenal didalam dunia medis adalah Khasiatnya dalam Mengobati penyakit kanker serta beberapa jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat dijadikan sebagai  anti oksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Bawang merah pada umumnya digunakan  untuk bumbu masakan.  Bawang merah ialah bumbu wajib untuk  masakan, fungsinya ialah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti rendah kalori serta  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah memiliki kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur .

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang juga sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap|Memasak dengan memakai bawang merah pasti akan sedap sekali.  Akan tapi  jika bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, namun tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu karna kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  serta kanker kolorektal.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Meskipun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini mampu menghambat kanker yang belum di ketahui diketahui. Akan tapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang juga adalah sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  mampu  melawan pembentukan radikal bebas yang diketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Dalam sebuah penelitian  yang  diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Dan hasil dari penelitian itu adalah pria  dengan mengkonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Telah banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums mempunyai manfat positif, dan juga dapat  menghambat tumor sesudah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  bisa membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan Cuma suasana hati,  tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Bawang merah memiliki kandungan sulfida methylallyl serta asam_amino sulfur, yang  dapat  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Bawang putih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Namun bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil


Anak-anak dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung.  Untuk menanganinya caranya mudah, ambil bawang merah yang sudah di bersihka lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Mampu Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi pada saat cuaca sedang dingin terutama pada anak anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon oleskan pada sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun efeknya tidaklah berbahaya,  tapi bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan. Karbohidrat dalam bawang bisa menyebabkan  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang atau menaikan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang sangat tinggi, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  tetapi  kasus-kasus yang  jarang  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah bisa jadi mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang dengan intoleransi  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, harus bersih, keras serta  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari dan berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh dari kentang, karena  mereka akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah mempunyai rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan pernah menyimpan bawang yang hendak dimasak,  didalam  mangkuk  ataupun wadah memiliki bahan dasr logam ini bisa menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.