Minggu, 29 Juli 2018

Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis

7 KHASIAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis - Khasiat bawang merah yang membuatnya fenomenal dalam dunia medis ialah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa  dijadikan sumber antioksidan yang  dapat untuk mengobati radikal bebas pada tubuh.  Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis - Bawang merah biasanya digunakan  untuk bumbu masakan.  Bawang merah adalah bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya ialah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu bawang merah juga adalah  makanan kaya akan nutrisi yang rendah kalori serta banyak nutrisi yang sangat bermanfaat baik bagi tubuh.  Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Banyaknya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah dapat dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Namun beberapa hipotesis memungkinkan mampu menghambat pertumbuhan tumor Serta kanker.

 

Bawang juga adalah sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu untuk  melawan pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Mereka menemukan bahwa laki-laki dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  dan laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang memiliki kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, serta norepinephrine, ini bukan hanya mempengaruhi suasana hati tapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Baik Untuk Jantung


Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur, yang  bisa  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Khasiat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Khasiat Bawang Tunggal Bawang Bombay Dan Jeruk Nipis - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan manfaat dari  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Tapi bawang merah juga bisa meringankan beberapa gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Berkhasiat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak kecil dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung.  Untuk menanganinya caranya mudah, ambil bawang merah yang bersih kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak anak.  Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambah dengan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun  tidak sangat serius,  mengkonsumsi bawang bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah,  dapat memperburuk mulas terhadap orang yang memiliki sakit maag kronis ataupun  penyakit refluks lambung, menurut salah satu penelitian 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

Mengonsumsi sejumlah bawang  ataupun  meningkatkan konsumsi bawang mampu mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  tetapi  kasus- kasus yang sangat jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang dengan intoleransi  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda_tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari cahaya terang serta di tempat yang berventilasi baik.  Semua jenis bawang  harus  disimpan  jauh dari kentang, sebab  mereka akan  menyerap kelembaban gas kentang  serta menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah mempunyai rasa yang lebih tajam, dan itu dapat membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  memiliki rasa lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan  bawang  yang ingin dimasak,  dalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini akan menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang cincang akan menjadikan bawang kehilangan banyak rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih apabila  dijadikan bumbu masakan.