Selasa, 31 Juli 2018

Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan

TUJUH MANFAAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan - Khasiat bawang merah yang menjadikannya fenomenal dalam dunia medis ialah Khasiatnya didalam memerangi kanker serta segala macam penyakit berbahaya.  Ia juga dapat  dijadikan sumber antioksidan yang  mampu untuk menangani radikal bebas dalam tubuh.  Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan - Biasanya bawang merah dipakai sebagai bumbu masakan.  Bawang merah adalah bumbu wajib di dalam  masakan, fungsinya ialah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti rendah kalori dan  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan sulfur.

Banyaknya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dengan bawang putih yang juga sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap sekali|Memasak dengan menggunakan bawang merah tentunya akan sangat sedap.  Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan mampu menghambat pertumbuhan tumor Serta kanker.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu  memerangi pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Pada sebuah penelitian  yang  diedarkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Hasil dari penelitian itu adalah laki_laki  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran bisa mengurangi resiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  dan laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium dalam hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  dapat membantu  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, ini bukan Cuma mempengaruhi suasana hati namun juga tidur serta nafsu makan .

 

Baik Untuk Jantung


Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur dalam bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah serta peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Bawang putih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Daun Bawang Merah Untuk Kesehatan - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan manfaat dari  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Tapi bawang merah juga mampu meringankan beberapa gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Berkhasiat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak-anak dapat dengan mudah terkena yang namanya masuk angin, dan itu bisa jadi penyebab perut kembung.   Untuk menangani perut kembung adalah dengan cara,  ambil bawang merah kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Cara menggunakan bawang merah untuk mengobati batuk adalah dengan cara memarut  bawang merah sampai halus yang kemudian  tambah minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Walaupun efeknya tidaklah membahayakan,  tetapi mampu menjadi masalah untuk kesehatan. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menyebabkan gas dan kembung.  Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah,  bisa memperburuk mulas terhadap orang yang menderita sakit maag kronis atau  penyakit refluks lambung, menurut salah satu penelitian 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang ataupun menaikan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang sangat tinggi, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan atau alergi  terhadap bawang,  tetapi  kasus- kasus yang jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda_tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang serta bawang merah secara bersamaan,  sebab bawang akan menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  didalam mangkuk ataupun wadah berbahan logam karena hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan serta bawang merah hubungan nya erat sekali  dengan bawang putih jika  dijadikan bumbu masakan.