Jumat, 27 Juli 2018

Tahap Kesuburan Wanita

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Tahap Kesuburan Wanita

Tahap Kesuburan Wanita - Masa subur pada perempuan harus  dihitung dengan baik buat memperkirakan kapan waktu  yang baik {untuk|buat melakukan hubungan seks buat  yang mau  mempunyai keturunan atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk  para perempuan untuk tahu cara menghitung kapan waktu subur wanita yang benar.  Tahap Kesuburan Wanita

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Tahap Kesuburan Wanita - Meskipun Anda menyebutnya Menstruasi, tamu bulanan, datang bulan, atau banyak sebutan lainnya, haid  adalah keadaan  yang pasti dialami dan dijalani oleh perempuan, mulai sejak akil baligh hingga umur  40 - 50an. Ini merupakan  peristiwa wajar dan normal  didalam proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Tahap Kesuburan Wanita - Penting untuk perempuan buat mengetahui  kalender datang bulannya  dan mengerti bagaimana memperkirakan waktu subur setelah haid/menstruasi. Waktu pelepasan sel telur bervariasi waktunya, hal tersebut tergantung pada tingkat emosi wanita. Emosi  wanita berpengaruh pada reflex hipotalamus sehingga bisa  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan memengaruhi  masa ovulasi.  Tahap Kesuburan Wanita

Bagi beberapa perempuan, bila  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi merupakan indikasi sedang hamil. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan memahami bagaimana cara memperkirakan waktu subur atau bagaimana cara memperkirakan masa  tidak subur, wanita bisa  menghindari kehamilan pada waktu subur atau melakukan hubungan suami istri untuk menambah momongan pada waktu subur.  Tahap Kesuburan Wanita

 

Selain itu, tidak hanya paham cara menghitung kapan waktu subur laki-laki saja, namun juga mengerti  cara memperkirakan kapan  waktu subur perempuan  juga amat penting bagi  perempuan  yang sedang program hamil.  Menentukan  masa  subur tiap  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh sebab itu, cara memperkirakan kapan masa subur wanita agar  cepat hamil adalah salah satu aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur tergantung pada siklus datang bulan  dan karena ini siklus {pada setiap wanita berbeda-beda|berbeda pada setiap perempuan. Masa subur pada wanita dengan datang bulan  yang teratur akan  berbeda dengan wanita yang mentruasinya tidak  teratur.

 

Agar Anda dapat mengerti  bagaimana memperhitungkan masa subur, simak ulasan berikut ini.

 

Cara  Mengetahui Kapan  Masa Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Tahap Kesuburan Wanita - Cara memperkirakan masa subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis buat Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada waktu haid, sel telur atau ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum waktu ovulasi. Jelasnya, normalnya  wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa haid perempuan bisa  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi bisa berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada masa selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar bisa hamil, sel telur yang telah matang  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Pendeknya  waktu 12-14 jam waktu sel telur mesti segera dibuahi sperma menjadikan pentingnya  memahami tentang  di hari-hari apakah  wanita  sedang dalam kondisi paling subur. Biasanya untuk bisa benar-benar mengerti waktu subur, harus menghitung berdasarkan analisa dan catatan datang bulan paling tidak selama 8 bulan terakhir.

 

Untuk Kamu dengan siklus haid teratur, amat mudah untuk menentukan kapan masa subur anda. Cukup kurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalkan saja Anda mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka masa subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Haid


Pada hari pertama siklus Anda, Rahim (endometrium)  mulai luruh. Kita mengenalnya dengan datang bulan. Waktu menstruasi  normal akan  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat datang bulan berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah waktu  Anda merasakan kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur di ovarium siap melepaskan telur. Biasanya, satu telur dilepaskan di setiap siklusnya. Proses ini bisa memakan waktu yang singkat atau lama dan mempunyai peran penting pada berapa lama siklus Anda. Di waktu yang bersamaan, Rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Tahap Kesuburan Wanita - Fase ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus haid yang normal. Bila  ovum atau sel telur dibuahi kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Bila sel telur atau ovum tak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Kalau siklus menstruasi yang teratur menjadi tak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, fungsi hati, usus besar, gula darah, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Datang Bulan Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menentukan  waktu subur pada perempuan dengan siklus datang bulan teratur berbeda dengan cara menghitung pada perempuan dengan siklus haid tidak teratur. Bagi Anda yang mempunyai siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menghitung waktu suburnya cukup rumit, sebab mesti mengetahui siklus menstruasi sedikitnya enam bulan terakhir.  Tahap Kesuburan Wanita

Satu siklus haid dihitung dari hari pertama Anda menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Kemudian, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan siklus tiap-tiap datang bulan Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus menstruasi Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Kamu telah dapat menentukan kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com