Sabtu, 28 Juli 2018

Manfaat Bawang Api

TUJUH MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Api - Manfaat bawang merah yang Terkenal sekali dalam dunia medis adalah Khasiatnya dalam Menangani penyakit kanker dan berbagai jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat dijadikan sebagai  anti oksidan yang ampuh sekali dalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Bawang Api

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Api - Umumnya bawang merah dipakai untuk bumbu masakan.  Bawang merah yaitu bumbu wajib untuk  masakan, fungsinya adalah untuk penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah ialah makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori serta  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Manfaat Bawang Api

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Kandung gizi yang banyak pada bawang  merah membuatnya tidak kalah dengan bawang putih yang  sam sama ampuh melawan  penyakit yang berbahaya.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan bisa menghambat pertumbuhan tumor Serta kanker.

 

Bawang merah juga adalah sumber vitamin C yang bermanfaat sebagai antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang bisa menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Dalam sebuah penelitian  yang  diterbitkan oleh Journal of National Cancer Institute, para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.  Dan hasil dari penelitian itu adalah seorang pria  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium didalam sayuran mampu mengurangi resiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  dapat membantu  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan hanya suasana hati,  tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Api - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur, yang  dapat  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Bawang Api - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan  kunyit, manfaat temulawak ataupun manfaat jahe.  Akan tetapi bawang merah juga bisa menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Berkhasiat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak-anak dapat dengan mudah terkena yang namanya masuk angin, dan itu bisa menjadi penyebab perut kembung.   Untuk mengatasi perut kembung adalah dengan cara,  ambil bawang merah lalu kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi di saat cuaca sedang dingin terutama pada anak anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon oleskan pada sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun  tidak serius,  mengkonsumsi bawang dapat menyebabkan masalah bagi sebagian orang. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menjadikan gas dan kembung.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  jika mengonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang atau menaikan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang  merah mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang  dapat menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  akan tetapi  kasus_kasus yang  tidak sering  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan dan ruam kalau bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah kemungkinan juga akan merasa mual, dan muntah_muntah.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengkonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras serta  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari serta berventilasi baik.  Semua jenis bawang  harus  disimpan  jauh dari kentang, karena  akan  menyerap kelembaban gas kentang  serta menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang yang mempunyai rasa yang lebih tajam,  akan  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis seperti bawang putih, sebab senyawa yang membuat rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan pernah menyimpan  bawang  yang ingin dimasak,  dalam mangkuk atau wadah berbahan logam sebab hal ini akan menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih jika  dijadikan bumbu masakan.