Minggu, 24 Juni 2018

Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

MANFAAT BAWANG MERAH DAN JUGA RESIOK BAGI KESEHATAN


 

Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Khasiat bawang merah yang membuatnya fenomenal dalam dunia medis ialah kemampuannya didalam memerangi kanker serta berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat  dijadikan sumber antioksidan yang  sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.  Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Umumnya bawang merah di gunakan untuk bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali dijadikan bumbu wajib untuk masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur .

Kandung gizi yang banyak pada bawang  merah menjadikannya tidak kalah dengan bawang putih yang  juga sama-sama sangat ampuh menangkal  penyakit yang berbahaya.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengonsumsi bawang merah dalam masakan tentunya sangat lezat|Memasak dengan memakai bawang merah tentunya akan sedap sekali rasanya.  Akan tapi  jika bawang merah yang masih mentah? Pasti anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, tapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab jika anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Sayuran allium telah dipelajari secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  serta kanker kolorektal.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker belum diketahui. Akan tapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor serta mutagenesis.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang  membantu  memerangi pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui sebagai penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dan kenker.  Mereka menemukan bahwa pria dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran mampu mengurangi resiko terserang kanker perut.  Telah banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums mempunyai dampak positif, dan juga dapat  menghambat tumor sesudah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  bisa membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang bisa mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan Cuma suasana hati,  tetapi juga tidur serta nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Bawang merah memiliki kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur, yang  bisa  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Bawang putih juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Apa Manfaat Bawang Bombay Untuk Kesehatan - Temulawak  dan  jahe sering sekali di jadikan untuk obat_obatana tradisiional.  Akan tetapi bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak Kecil


Anak anak bisa dengan mudah terkena yang namanya masuk angin, dan itu bisa menjadi penyebab perut kembung.   Untuk menangani perut kembung adalah dengan cara,  menggunakan bawang merah lalu kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, kemudian oleskan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Cara menggunakan bawang merah untuk menyembuhkan batuk ialah dengan cara memarut  bawang merah hingga halus yang lalu  tambah minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Walaupun  tidak sangat serius,  mengkonsumsi bawang dapat menjadi masalah bagi sebagian orang. Karbohidrat pada bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengkonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang atau meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang  hijau mengandung jumlah vitamin K yang tinggi, yang  dapat menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan atau alergi  terhadap bawang,  tetapi  kasus_ kasus yang jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik untuk dikonsumsi,  harus bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang merah dengan bersamaan,  karena bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang yang mempunyai rasa yang lebih tajam,  bisa  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, sebab senyawa yang membuat rasa yang tajam tersebut adalah sebagai pengawet alami juga.

Jangan pernah menyimpan  bawang  yang ingin dimasak,  dalam mangkuk ataupun wadah berbahan logam karena hal ini bisa menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu manfaat bawang putih.