Senin, 25 Juni 2018

Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu

TUJUH KHASIAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu - Manfaat bawang merah yang Terkenal sekali didalam dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan segala jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa dijadikan sebagai  anti oksidan yang ampuh sekali didalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu - Umumnya bawang merah dipakai untuk bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali dijadikan bumbu wajib untuk masakan, sebab bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah memiliki kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor dan kalium antioksidan quercetin dan sulfur .

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama mampu menangkal penyakit berbahaya serta menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat lezat|Memasak dengan menggunakan bawang merah pastilah akan sedap sekali rasanya.  Tetapi  kalau bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, namun tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu karna kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Mencegah Kanker


Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu - Sayuran allium telah diteliti secara ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  dan kanker kolorektal.  Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena sebagian senyawa organosulfur mereka yang kaya.  Walaupun mekanisme nya belum ditemukan dimana dan bagaimana senyawa ini menghambat kanker. Akan tapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C yang bermanfaat untuk antioksidan dan membantu menangkal radikal bebas yang mampu menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah hasil penelitian,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Dan hasil dari penelitian itu ialah pria  dengan mengkonsumsi  allium sayur akan memiliki resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran dapat mengurangi resiko terserang kanker perut.  Berbagai  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  dan laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium dalam hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  dapat membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, serta norepinephrine, ini bukan hanya mempengaruhi suasana hati tetapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu - Kandungan sulfida methylallyl dan asam_amino sulfur dalam bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah serta peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Bawang Merah Dicampur Madu - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Akan tetapi bawang merah juga dapat meringankan beberapa gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Berkhasiat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak


Anak-anak bisa dengan mudah terkena masuk angin, dan itu bisa jadi penyebab perut kembung.   Untuk menangani perut kembung adalah dengan cara,  ambil bawang merah kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, kemudian oleskan pada bagian pusar si kecil.

Mampu Meredakan Batuk


Cara memanfaatkan bawang merah untuk menyembuhkan batuk adalah dengan cara memarut  bawang merah hingga halus yang lalu  tambahkan minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Walaupun efeknya tidak membahayakan,  akan tetapi bisa menjadi masalah bagi kesehatan. Karbohidrat dalam bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  jika mengkonsumsi bawang mentah dapat memperburuk rasa mulas.

 

 

Mengkonsumsi sejumlah bawang  ataupun  meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang merah memiliki kandungan jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Mengacuh dari sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan atau alergi  terhadap bawang,  akan tetapi  kasus- kasus yang sangat jarang terjadi . seseorang yang memiliki alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan serta ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  pada bawang merah mungkin juga bisa merasa mual, dan muntah-muntah.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras serta memiliki kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda_tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang serta di tempat yang berventilasi baik.  Semua jenis bawang  harus  disimpan  jauh dari kentang, sebab  akan  menyerap kelembaban gas kentang  serta menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang yang memiliki rasa lebih tajam,  bisa  bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang lebih manis seperti bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  atau wadah memiliki bahan dasr logam ini dapat menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dalam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.