Jumat, 29 Juni 2018

Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita - Masa subur pada wanita harus  dihitung dengan baik untuk menetapkan waktu  yang baik {untuk|buat melakukan hubungan seks untuk  yang ingin  memiliki anak atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting buat  para wanita untuk mengetahui cara memperkirakan kapan masa subur wanita yang benar.  Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita - Meskipun Anda menyebutnya Haid, menstruasi, datang bulan, tamu bulanan, atau banyak sebutan lainnya, menstruasi  adalah keadaan  yang pasti dialami dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga umur  40 - 50an. Haid merupakan  peristiwa wajar  didalam proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita - Penting untuk wanita buat mengetahui tentang  jadwal menstruasinya  dan tahu cara memperkirakan waktu subur sesudah haid/menstruasi. Masa pelepasan sel telur berbeda-beda waktunya, hal ini tergantung pada tingkat emosi perempuan. Emosi  wanita memengaruhi reflex hipotalamus hingga bisa  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan dapat berpengaruh kepada  siklus ovulasi.  Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

Untuk beberapa perempuan, jika  tanggal datang bulan terlambat atau tidak menstruasi merupakan ciri awal kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan mengerti cara menghitung waktu subur atau cara menghitung masa  tidak subur, wanita bisa  menghindari terjadinya kehamilan pada masa subur atau melakukan hubungan seks untuk menambah momongan pada masa subur.  Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

 

Selain itu, tidak cukup memahami cara menghitung kapan perkiraan masa subur pria saja, tetapi juga mengerti  cara memperkirakan kapan  waktu subur wanita  juga amat penting bagi  wanita  yang tengah promil.  Mengetahui  masa  subur masing-masing  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh karena itu, cara menghitung waktu subur perempuan agar  cepat hamil bisa jadi salah satu aspek penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur bergantung pada siklus haid  dan karena itu terjadinya {pada setiap wanita berbeda|berbeda pada setiap perempuan. Waktu subur pada wanita dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan wanita yang datang bulannya tidak  teratur.

 

Agar Anda dapat mengerti  cara menghitung waktu subur, baca penjelasan berikut ini.

 

Bagaimana Cara  Menghitung  Masa Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita - Cara menghitung waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis buat Anda. Hari pertama haid merupakan perhitungan awal, saat ovum meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa menstruasi, ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum waktu ovulasi. Jelasnya, normalnya  perempuan mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu haid wanita bisa saja  berubah dari waktu ke waktu. Keadaan ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada waktu selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya bisa hamil, sel telur yang sudah siap  ini harus dibuahi dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur mesti segera dibuahi sperma membuat betapa penting  mengerti tentang  kapan  perempuan  berada pada kondisi paling subur. Biasanya untuk dapat mengerti benar kapan masa subur, harus menghitung berdasarkan catatan dan analisis haid selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Buat Anda dengan siklus datang bulan teratur, sangat mudah untuk menghitung masa subur. Cukup kurangi hari pertama datang bulan yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalkan saja kamu mulai datang bulan pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Menstruasi


Hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim)  mulai luruh. Anda mengenalnya dengan menstruasi. Masa datang bulan  normal bisa  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat haid berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah waktu  Anda merasakan atau mengalami kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Normalnya, satu sel telur dilepaskan setiap siklusnya. Proses ini bisa memakan waktu yang singkat atau lama dan mempunyai peran penting pada berapa lama siklus Anda. Di saat yang bersamaan, Rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita - Fase ini pertama kali terjadi pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini bisa terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Jika  sel telur atau ovum dibuahi oleh sperma dan kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Jika sel telur atau ovum tak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Bila siklus haid yang teratur berubah menjadi tak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, diabetes, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Masa Subur Haid Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menghitung kapan  masa subur pada wanita dengan siklus haid teratur tentu berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus haid tak teratur. Bagi Anda dengan siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menentukan waktu suburnya lumayan rumit, karena harus mengetahui siklus datang bulan minimal 6 bulan terakhir.  Berapa Lama Masa Subur Pada Wanita

Satu siklus haid dihitung sejak pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Kemudian, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan siklus tiap-tiap menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian catat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus menstruasi Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini Anda telah dapat menentukan kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com