Kamis, 28 Juni 2018

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

MANFAAT BAWANG MERAH SERTA RESIOK UNTUK KESEHATAN


 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Khasiat bawang merah yang Terkenal sekali didalam dunia medis adalah Khasiatnya dalam memerangi kanker serta beberapa jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat menjadi  anti oksidan yang ampuh sekali didalam memerangi radikal bebas.  Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Bawang merah pada umumnya digunakan  sebagai bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali menjadi bumbu wajib pada masakan, sebab bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan yang kaya akan nutrisi yang artinya rendah kalori dan  tinggi nutrisi yang yang bermanfaat  seperti vitamin, mineral serta antioksidan.  Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur .

Kandung gizi yang tinggi pada bawang  merah menjadikannya tidak kalah dengan bawang putih yang  sam sama sangat ampuh menangkal  penyakit yang berbahaya.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat lezat|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali.  Akan tetapi  bagaimana kalau bawang merah yang masih mentah? sepertinya akan berfikir sejenak untuk memakannya bukan, namun jangan dulu seperti itu sebab khasiat bawang merah yang  dapat kita peroleh, akan mampu mengobati ketidakenakan karena memakannya.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang  membantu  memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah studi,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Hasil dari penelitian itu adalah seorang pria  dengan mengkonsumsi  allium sayur akan memiliki resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium dalam hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang mempunyai kandungan folat yang memiliki kandungan yang membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.  Homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  bukan hanya suasana hati,  namun juga tidur serta nafsu makan dengan baik.

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur dalam bawang merah, memberikan efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Bawang putih juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan Dan Kecantikan - Temulawak  dan  jahe sering di jadikan sebagai obat_obatana tradisiional.  Akan tetapi bawang merah juga mampu meringankan banyak gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak Kecil


Anak kecil dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk menanganinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi pada saat cuaca sedang dingin terutama pada anak anak.  Resep mengobatinya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon oleskan pada sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun efeknya tidaklah berbahaya,  akan tetapi dapat menjadi masalah untuk kesehatan. Karbohidrat dalam bawang bisa membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang ataupun menaikan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang sangat tinggi, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  akan tetapi  kasus_kasus yang  tidak sering  terjadi, menurut sebuah artikel pada Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  harus bersih, keras serta memiliki kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang dan bawang merah secara bersamaan,  sebab bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang yang memiliki rasa yang lebih tajam,  akan  bertahan lebih lama jika di bandiingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, sebab senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah sebagai pengawet alami juga.

Jangan pernah menyimpan bawang yang hendak dimasak,  didalam  mangkuk  atau wadah memiliki bahan dasr logam ini dapat menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang cincang dapat menjadikan bawang kehilangan banyak rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih jika  dijadikan bumbu masakan.