Sabtu, 30 Juni 2018

Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah

7 KHASIAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah - Khasiat bawang merah yang sangat terkenal dalam dunia medis ialah Khasiatnya dalam memerangi kanker serta segala jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa menjadi  anti oksidan yang sangat ampuh didalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah - Bawang merah pada umumnya dipakai  untuk bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali menjadi bumbu wajib untuk masakan, karena bawang merah jadi semacam penguat rasa untuk masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan padat nutrisi yang artinya rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Memiliki sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Tingginya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang juga sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengonsumsi bawang merah didalam masakan tentunya sangat sedap sekali|Memasak dengan menggunakan bawang merah pastilah akan sangat sedap.  Tapi  jika bawang merah yang masih mentah? Anda pasti akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, tapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pastilah anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah - Sayuran allium telah  di teliti secara ekstensi dalam manfaatnya untuk melawan kanker.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini bisa menghambat kanker belum diketahui. Akan tapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan serta membantu menangkal radikal bebas yang mampu menjadi penyebab tumbuhnya kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah hasil penelitian,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Hasil dari penelitian itu adalah seorang pria  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah membuktikan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  dan laporan dari penghambatan tumor sesudah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  bisa membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, serta norepinephrine, ini bukan hanya mempengaruhi suasana hati tetapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur didalam bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Dan Efek Samping Makan Bawang Merah - Temulawak  dan juga  jahe sering di jadikan untuk obat_obatana tradisiional.  Namun bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah sebagai berikut :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Kecil


Anak kecil dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, lalu kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering terjadi  pada saat cuaca dingin serta menyerang anak kecil.

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Meskipun  tidak sangat serius,  mengkonsumsi bawang bisa menjadi masalah untuk sebagian orang. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menjadikan gas dan kembung.  Orang yang memiliki  penyakit maag kronis dan penyakit  refluks lambung  jika mengonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang sangat tinggi, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  namun  kasus- kasus yang jarang terjadi . Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal serta ruam kalau bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah kemungkinan juga bisa merasa mual, dan juga muntah-muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Bawang merah yang baik dikonsumsi,  haruslah dalam kondisi bersih, keras serta mempunyai kulit kering.  Hindari bawang  yang menunjukkan tanda-tanda pembusukan. Bawang harus disimpan pada suhu kamar,  jauhkan dari cahaya terang dan di tempat yang berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang serta bawang merah secara bersamaan,  sebab bawang akan menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang yang memiliki rasa lebih tajam,  akan  bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, sebab senyawa yang membuat rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  didalam  mangkuk  atau wadah berbahan dasar logam ini akan menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan banyak rasa. Bawang merah memang sering  sekali dijadikan sebagai bahan dasar untuk masakan dan bawang merah hubungan nya sangat erat  dengan bawang putih apabila  dijadikan bumbu masakan.