Rabu, 27 Juni 2018

Kegunaan Akar Jahe

BEBERARAP KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Kegunaan Akar Jahe

Kegunaan Akar Jahe - Jahe ialah termasuk ke dalam salah satu obat-obatan herbal yang  di percaya dari  dulu bisa bermanfaat baik untuk kesehatan, contohnya seperti  mengobati Mual, batuk, nyeri otot sampai kanker.  Apabila ditinjau dari segi medis, setidaknya ada lima manfaat jahe yang baik bagi tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Kegunaan Akar Jahe - Jahe mempunyai  kandungan senyawa kimia yang  diyakini  bisa  menimbulkan efek positif  di lambung  atau usus.  Senyawa yang terkandung didalam jahe juga mampu meredakan rasa mual.  Kegunaan Akar Jahe

 

Berikut ini ialah beberapa  khasiat  jahe untuk kesehatan:

 

Berkhasiat Mengobati Pusing


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  Bisa juga terasa seperti kehilangan keseimbangan atau terasa melayang.  Jahe dipercaya dapat meredakan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu juga jahe diyakini bisa mengurangi rasa mual.  Kegunaan Akar Jahe

 

Meredakan Nyeri Saat Sedang Menstruasi


Bagi perempuan yang  ketika menstruasi sering merasa nyeri, boleh mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Seuah penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi  jahe bisa membantu mengurangi nyeri ketika sedang menstruasi.  Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen  serta  asam mefenamat.

 

Bermanfaat Mengobati Morning Sickness


Pada awal masa kehamilan banyak wanita pasti akan merasakan mual serta muntah.  Sepertinya kondisi  tersebut dapat  diminimalisasi  dengan mengkonsumsi jahe.  Akan tetapi perlu di ketahui,  wanita  hamil tidak boleh  sembarang mengonsumsi asupan tertentu, khususnya obat-obatan tradisional.  Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jahe.

 

Osteoarthritis


Salah satu penelitian sudah membuktikan bahwa, ekstrak jahe bisa  mengobati  rasa nyeri akibat  kondisi ini.  Senyawa kimia yang terkandung  pada  jahe bisa  mengurangi zat kimia yang dapat memicu peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga dapat  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang bisa meredakan rasa sakit serta ketidaknyamanan.

 

Mual Dan Muntah Usai Operasi


Mengonsumsi  jahe  saat sebelum  operasi sepertinya bisa  meredakan rasa mual dan juga muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah pernah mendengar klaim yang menyatakan bahwa jahe mampu mencegah mabuk darat dan juga laut? Berdasarkan  pengalaman banyak orang,  mengonsumsi  jahe  saat sebelum  melakukan perjalanan  dapat membuat mereka merasa lebih baik. Tapi  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengatasi hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe mampu membantu menurunkan berat badan.

 

Inilah Effek Samping Dalam Mengkonsumsi Jahe


Sepertinya jahe  aman untuk dikonsumsi oleh kebanyakan orang,  tetapi tetap memiliki  efek samping  ringan yang dapat ditimbulkan,  seperti  diare,  membuat perut tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa orang  yang  perlu  berhati_hati  atau sebaiknya tidak mengonsumsi jahe.  Mereka  adalah  ibu hamil  atau yang sedang menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis manfaat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Namun  anda dapat  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  sudah di sebutkan di atas.  Ada baiknya untuk mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memasukkan zat apa pun yang ditujukan untuk pengobatan.  Kegunaan Akar Jahe