Senin, 25 Juni 2018

Kegunaan Jahe Merah Amanah

5(LIMA) KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Kegunaan Jahe Merah Amanah

Kegunaan Jahe Merah Amanah - Jahe ialah termasuk ke dalam salah satu obat-obatan herbal yang  diyakini sejak  dulu mampu bermanfaat baik untuk kesehatan, misalnya seperti  menyembuhkan Mual, batuk, nyeri otot hingga kanker.  Kalau ditinjau dari segi medis, setidaknya ada lima khasiat jahe yang baik bagi tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Kegunaan Jahe Merah Amanah - Jahe mempunyai  kandungan senyawa kimia yang  diyakini  dapat  menimbulkan efek positif  di lambung  dan usus.  Senyawa yang terkandung didalam jahe juga mampu meredakan rasa mual.  Kegunaan Jahe Merah Amanah

 

Berikut ini adalah beberapa  manfaat  jahe untuk kesehatan:

 

Pusing


Kondisi ini menjadikan  Anda merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa ringan (lightheadedness).  namun biasanya juga terasa seperti melayang serta kekurangan keseimbangan.  Jahe diduga mampu meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu juga jahe diyakini mampu mengurangi rasa mual.  Kegunaan Jahe Merah Amanah

 

Nyeri Menstruasi


Untuk perempuan yang  ketika menstruasi sering merasakan nyeri, bisa mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Beberapa  penelitian menunjukkan bahwa Mengkonsumsi jahe dapat  membantu mengurangi  rasa nyeri menstruasi.  Manfaat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Pada awal masa kehamilan beberapa wanita pasti akan merasakan mual serta muntah.  Sepertinya kondisi  tersebut dapat  diminimalisasi  dengan mengonsumsi jahe.  Namun perlu di ingat,  wanita  hamil tidak boleh  sembarang mengkonsumsi asupan tertentu, khususnya obat-obatan tradisional.  Oleh karena itu sebelum anda mengkonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

 

Osteoarthritis


Berdasarkan  sejumlah penelitian, rasa sakit  yang diakibatkan  kondisi ini bisa diobati dengan mengkonsumsi ekstrak jahe.  Senyawa yang ada pada  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Jahe juga mampu merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat,  yaitu zat yang bisa  bermanfaat untuk meredakan rasa sakit.

 

Bermanfaat Untuk Meredakan Mual Dan Muntah Setelah Oprasi


Anda  dapat Mengonsumsi  jahe sebelem di oprasi, karna itu mampu mengurangi rasa mual pada saat setelah anda di operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah Anda pernah mendengar pernyataan yang mengatakan bahwa jahe bisa mencegah mabuk darat serta laut? Berdasarkan  pengalaman banyak orang,  mengonsumsi  jahe  saat sebelum  bepergian  bisa membuat mereka merasa lebih baik. Namun  sayangnya  ada kemungkinan bahwa jahe tidak efektif mengobati hal tersebut.  Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya.  begitu juga dengan pernyataan bahwa jahe dapat membantu menurunkan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  tetapi  tetap saja ada effek samping  yang  ditimbulkan,  contohnya seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, serta nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa kalangan  yang  harus  berhati-hati  atau sebaiknya tidak mengonsumsi jahe.  Mereka  ialah  ibu hamil  dan menyusui, penderita diabetes, memiliki gangguan pendarahan  dan organ hati.

 

Dalam segi medis manfaat jahe memang  belum ada yang benar_benar terbukti efektif. Walau begitu, Anda bisa mencobanya untuk mengatasi kondisi yang sudah disebutkan di atas.  Namun Sebaiknya untuk mengkonsultasikan  lebih dulu  kepada  dokter sebelum mengkonsumsi jahe.  Kegunaan Jahe Merah Amanah