Minggu, 25 Februari 2018

Manfaat Bawang Tunggal

7 KHASIAT BAWANG MERAH SERTA RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Tunggal - Khasiat bawang merah yang membuatnya fenomenal didalam dunia medis ialah kemampuannya dalam memerangi kanker serta berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat menjadi  anti oksidan yang sangat ampuh dalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Bawang Tunggal

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Tunggal - Bawang merah pada umumnya dipakai  untuk bumbu masakan.  Bawang merah kerap  kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah jadi semacam penguat rasa untuk masakan.  Selain itu, bawang merah yaitu makanan padat nutrisi yang berarti rendah kalori dan juga  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Manfaat Bawang Tunggal

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  serta kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Kandung gizi yang banyak pada bawang  merah membuatnya tidak kalah dengan bawang putih yang  sam sama mampu menangkal  penyakit yang berbahaya.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Khasiat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan pastilah sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali.  Namun  apabila bawang merah yang masih mentah? Pastilah anda akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, namun tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Manfaat Bawang Tunggal - Sayuran allium telah  di teliti dengan ekstensi dalam manfaatnya untuk melawan kanker.  Bawang merah kaya akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme yang tepat dimana senyawa ini menghambat kanker yang belum di ketahui diketahui. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang  mampu  memerangi pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui sebagai penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah hasil penelitian,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dengan kenker.  Hasil dari penelitian itu ialah seorang pria  dengan mengkonsumsi  allium sayur akan memiliki resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums mempunyai dampak positif, dan juga dapat  menghambat tumor setelah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  dapat membantu  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  tidak hanya suasana hati,  akan tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Tunggal - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur pada bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  didalam darah serta peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Bawang Tunggal - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Namun bawang merah juga bisa meringankan beberapa gangguan kesehatan.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Anak-Anak


Anak kecil bisa dengan mudah terkena masuk angin, yang menyebabkan perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang bersih lalu haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Mampu Meredakan Batuk


Cara memanfaatkan bawang merah untuk menyembuhkan batuk adalah dengan cara memarut  bawang merah sampai halus yang kemudian  tambah minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Meskipun  tidak serius,  mengonsumsi bawang dapat menyebabkan masalah untuk sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang dapat membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Bawang, terutama jika dikonsumsi mentah,  dapat memperburuk mulas terhadap orang yang memiliki sakit maag kronis dan juga  penyakit refluks lambung, menurut salah satu penelitian 1990 di American Journal of Gastroenterology .

 

 

menurut University of Georgia mengonsumsi sejumlah bawang ataupun menaikan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga bisa untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  namun  kasus- kasus yang sangat jarang terjadi . seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya akan terasa gatal, kemerahan serta ruam kalau bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang mempunyai  alergi  pada bawang merah kemungkinan juga akan merasa mual, serta muntah_muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, harus bersih, keras serta  mempunyai kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari serta berventilasi baik.  Semua jenis bawang  harus  disimpan  jauh-jauh dari kentang, karena  akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan pernah menyimpan bawang yang hendak dimasak,  didalam  mangkuk  ataupun wadah memiliki bahan dasr logam ini akan menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang telah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dalam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.