Jumat, 30 Maret 2018

Manfaat Bawang Hutan

7 MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIKO KESEHATANNYA


 

Manfaat Bawang Hutan - Manfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal didalam dunia medis ialah kemampuannya didalam memerangi kanker dan juga berbagai penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat dijadikan sebagai  anti oksidan yang sangat ampuh didalam memerangi radikal bebas.  Manfaat Bawang Hutan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Hutan - Bawang merah biasanya dipakai  untuk bumbu masakan.  Bawang merah yaitu bumbu wajib dalam  masakan, fungsinya adalah sebagai penguat rasa masakan.  Selain itu, bawang merah adalah makanan yang kaya akan nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan  tinggi nutrisi bermanfaat  seperti vitamin, mineral dan antioksidan.  Manfaat Bawang Hutan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

Bawang merah mempunyai kandungan kalsium seperti kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor serta kalium antioksidan quercetin dan sulfur .

Banyaknya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama sangat ampuh menangkal penyakit berbahaya dan menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah dapat dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan pastilah sangat sedap|Memasak dengan memakai bawang merah tentunya akan sedap sekali.  Tetapi  bagaimana Jika bawang merah yang masih dalam keadaan mentah? sepertinya akan berfikir sejenak untuk memakannya bukan, tapi jangan dulu seperti itu karena khasiat bawang merah yang  akan kita peroleh, cukup mengobati ketidakenakan karena memakannya.

 

Bawang juga merupakan sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu untuk  memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui sebagai penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Pada sebuah penelitian  yang  diedarkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran serta kanker prostat.  Dan hasil dari penelitian itu adalah seorang pria  dengan mengonsumsi  allium sayur akan memiliki resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran dapat mengurangi resiko terserang kanker perut.  Telah banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums memiliki dampak positif, dan juga mampu  menghambat tumor setelah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan dalam bawang,  bisa membantu  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.  Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang  mengatur  tidak hanya suasana hati,  akan tetapi juga tidur dan nafsu makan dengan baik.

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Hutan - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur, yang  dapat  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga mampu meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Untuk Media Kesehatan


 

Manfaat Bawang Hutan - Banyak pengobatan tradisional yang dilakukan menggunakan manfaat dari  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Akan tetapi bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah :

 

Bermanfaat Untuk Mengatasi Kembung Pada Anak Kecil


Anak kecil dapat dengan mudah terkena masuk angin, yang membuat perut kembung.  Untuk mengatasinya caranya mudah, ambilah bawang merah yang sudah di bersihka kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Batuk sering  terjadi pada saat cuaca sedang dingin terutama pada anak-anak.  Resep penyembuhannya dengan menggunakan parutan bawang merah yang ditambahkan minyak telon balurkan sekujur punggung dengan sedikit diurut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Walaupun  tidak serius,  mengonsumsi bawang dapat menjadi masalah untuk sebagian orang. Karbohidrat dalam bawang bisa membuat  gas dan kembung,  menurut National Digestive Diseases Information Clearinghouse.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

Mengonsumsi sejumlah bawang  ataupun  meningkatkan konsumsi bawang bisa mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang  merah mengandung jumlah vitamin K yang banyak, yang  dapat menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan juga alergi terhadap bawang,  akan tetapi  kasus-kasus yang  tidak sering  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. Orang yang mengalami alergi bawang merah mungkin mengalami kemerahan, mata gatal dan ruam jika bawang merah bersentuhan dengan kulit.  Orang dengan intoleransi  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah serta ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Berikut Ini Adalah Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, harus bersih, keras serta  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan dalam suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari dan berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang serta bawang merah secara bersamaan,  karena bawang akan menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang merah mempunyai rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan  bawang  yang mau dimasak,  didalam mangkuk atau wadah berbahan logam karena hal ini dapat menyebabkan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang bisa menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dalam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.