Sabtu, 28 April 2018

Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil - Masa subur pada wanita harus  dihitung dengan baik untuk memperkirakan kapan waktu  yang baik {untuk|buat melakukan hubungan  badan buat  yang ingin  memperoleh keturunan atau menghindari kehamilan. Oleh karena itu, amat penting buat  para perempuan untuk mengetahui cara menghitung kapan masa subur wanita yang benar.  Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil - Meskipun Anda menyebutnya Haid, menstruasi, datang bulan, tamu bulanan, atau banyak sebutan lainnya, haid  adalah peristiwa  yang pasti dialami dan dijalani oleh wanita, mulai akil balik hingga umur  40 - 50an. Hal ini adalah  kejadian wajar  didalam setiap proses perkembangan.

 

Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil - Penting bagi perempuan untuk mengetahui tentang  kalender datang bulannya  dan tahu cara menghitung masa subur sesudah haid/menstruasi. Masa pelepasan sel telur atau ovum berbeda-beda waktunya, hal ini tergantung pada kondisi emosi perempuan. Kondisi emosi  wanita memengaruhi reflex hipotalamus sehingga akan  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan dapat memengaruhi  siklus ovulasi.  Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Untuk beberapa wanita, kalau  tanggal datang bulan terlambat atau tidak menstruasi merupakan indikasi mau hamil. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan memahami bagaimana cara memperhitungkan masa subur atau bagaimana cara menghitung waktu  tidak subur, perempuan akan bisa  menghindari kehamilan pada waktu subur atau melakukan aktivitas menambah momongan pada masa subur.  Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

 

Selain itu, tidak hanya mengerti cara memperhitungkan kapan waktu subur laki-laki saja, namun mengetahui  cara menghitung  masa subur perempuan  juga amat sangat penting buat  pasangan  yang sedang promil.  Menemukan  masa  subur masing-masing  pasangan biasanya jadi  langkah awal. Oleh sebab itu, cara memperkirakan kapan masa subur perempuan supaya  cepat hamil adalah salah satu aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

Masa subur tergantung pada siklus datang bulan  dan karena ini siklus {pada setiap perempuan berbeda|berbeda pada setiap wanita. Masa subur pada perempuan dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan wanita yang haidnya tidak  teratur.

 

Agar Kita bisa memahami  cara memperhitungkan masa subur, simak penjelasan berikut.

 

Bagaimana Cara  Menghitung  Waktu Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Haid Teratur


 

Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil - Cara memperkirakan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis untuk Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat ovum meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa menstruasi, sel telur atau ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, rata-rata  perempuan mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa menstruasi wanita mungkin  berubah dari waktu ke waktu. Keadaan ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada masa selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar bisa hamil, ovum yang sudah siap  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Pendeknya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus segera dibuahi sperma membuat penting  mengetahui  kapankah waktu  wanita  sedang dalam posisi paling subur. Standar untuk bisa mengerti benar kapan masa subur, mesti menghitung berdasarkan catatan dan analisis haid selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Untuk Kamu dengan siklus haid teratur, cara menghitung masa subur mudah saja. Kurangi saja hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalnya kamu mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka masa subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Waktu Haid


Pada hari pertama siklus Anda, Rahim atau endometrium  mulai luruh. Kita mengetahuinya dengan haid. Waktu datang bulan  normal bisa  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat datang bulan berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah masa  Anda merasakan atau mengalami kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Fase Folikular


Selama fase folikular, foliker telur di ovarium bersiap melepaskan telur. Normalnya, satu telur dilepaskan setiap siklusnya. Proses ini dapat memakan waktu yang lama atau singkat dan mempunyai peran penting pada berapa lama siklus Anda. Di waktu bersamaan, Rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil - Tahap ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Kalau  sel telur dibuahi sperma kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Kalau sel telur tidak dibuahi, endometrium akan luruh.

 

Bila siklus menstruasi yang teratur kemudian menjadi tidak teratur, ini bisa saja menandakan ada masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, gula darah, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Masa Subur Datang Bulan Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menghitung  waktu subur pada perempuan dengan siklus haid teratur berbeda dengan cara menghitung pada perempuan dengan siklus datang bulan tak teratur. Bagi Kamu dengan siklus datang bulan {tidak|tak{ teratur, cara menentukan masa suburnya agak sedikit rumit, sebab mesti mengetahui siklus datang bulan paling tidak 6 bulan terakhir.  Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Satu siklus menstruasi dihitung dari pertama Anda haid sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus haid Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus haid Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah dapat mengetahui kapan masa subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung waktu subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com