Jumat, 27 April 2018

Manfaat Bawang Dayak Kalimantan

MANFAAT BAWANG MERAH DAN RESIOK BAGI KESEHATAN


 

Manfaat Bawang Dayak Kalimantan - Khasiat bawang merah yang menjadikannya fenomenal didalam dunia medis ialah Manfaatnya didalam Mengobati kanker serta segala macam penyakit berbahaya.  Bawang merah juga dapat menjadi  anti oksidan yang ampuh sekali didalam memerangi radikal bebas.  Manfaat Bawang Dayak Kalimantan

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Bawang Dayak Kalimantan - Pada umumnya bawang merah di gunakan untuk bumbu masakan.  Bawang merah sering  kali dijadikan bumbu wajib untuk masakan, karena bawang merah jadi semacam penguat rasa bagi masakan.  Selain dari itu bawang merah juga adalah  makanan padat nutrisi yang rendah kalori memiliki banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh.  Manfaat Bawang Dayak Kalimantan

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Kandungan Gizi Bawang Merah

Untuk satu cangkir bawang merah yang di cincang memiliki kandungan gizi sebagai berikut :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Banyaknya kandungan gizi yang terkandung di dalamnya membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang sama sama mampu menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang merah:

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah dalam masakan pastilah sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali.  Namun  kalau bawang merah yang masih mentah? Anda pasti akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, akan tetapi tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu sebab kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pasti anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Mencegah Kanker


Manfaat Bawang Dayak Kalimantan - Sayuran allium telah  dilakkan penelitian secara ekstensi dalam manfaatnya untuk melawan kanker.  Efek yang menguntungkan dari bawang merah, cenderung karena bagian senyawa organosulfur mereka yang kaya.  Walaupun mekanisme nya belum ditemukan dimana dan bagaimana senyawa ini menghambat kanker. Namun beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang merah juga merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan yang  membantu  memerangi pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Kanker Prostat


Journal of National Cancer Institute  menerbitkan sebuah hasil penelitian,  para ahli menggunakan studi kasus terkontrol yang berbasis pada populasi menyelidiki hubungan antara  asupan sayur allium dan kenker.  Dan hasil dari penelitian itu ialah seorang pria  dengan mengonsumsi  allium sayur akan mempunyai resiko lebih kecil terhadap kanker prostas.

 

Mampu Mencegah Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium dalam sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Beberapa  penelitian pada manusia berbasis survei telah menunjukkan potensi dampak protektif konsumsi alliums,  serta laporan dari penghambatan tumor setelah pemberian senyawa allium pada hewan percobaan.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Bawang mempunyai kandungan folat yang mambantu mengobati depresi dengan mencegah kelebihan homosistein.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine, ini tidak hanya mempengaruhi suasana hati tetapi juga tidur dan nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Bawang Dayak Kalimantan - Bawang merah mempunyai kandungan sulfida methylallyl serta asam-amino sulfur, yang  bisa  menekan jumlah kolestrol dalam tubuh.  Bawang putih juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat, sehingga meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Bawang Dayak Kalimantan - Temulawak  dan juga  jahe sering di jadikan sebagai obat-obatana tradisiional.  Akan tetapi bawang merah juga bisa menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil


Anak anak dapat dengan mudah terkena yang namanya masuk angin, dan itu bisa menjadi penyebab perut kembung.   Untuk menangani perut kembung adalah dengan cara,  menggunakan bawang merah kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telon, kemudian balurkan pada bagian pusar si kecil.

Mampu Meredakan Batuk


Cara menggunakan bawang merah untuk mengobati batuk ialah dengan cara parut  bawang merah hingga halus yang kemudian  tambah minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Kesehatan Bawang Merah


 

Walaupun  tidak sangat serius,  makan bawang bisa menjadi masalah bagi sebagian orang. Bawang  memiliki karbohidrat  yang menyebabkan gas dan kembung.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan penyakit  refluks lambung  jika mengkonsumsi bawang mentah akan memperburuk rasa mulas.

 

 

Mengonsumsi sejumlah bawang  ataupun  meningkatkan konsumsi bawang mampu mengganggu dengan obat pengencer darah, menurut University of Georgia.  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang tinggi sekali, yang bisa menurunkan fungsi darah.

 

Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan dan alergi terhadap bawang,  tapi  kasus_kasus yang  tidak sering  terjadi, menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology. seseorang yang memiliki alergi  terhadap bawang merah kulitnya akan terasa gatal, kemerahan dan ruam kalau bersentuhan dengan bawang merah.  Orang yang memiliki  alergi  terhadap bawang merah kemungkinan juga akan merasa mual, dan juga muntah-muntah.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, haruslah bersih, keras dan  mempunyai kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  terlihat sudah busuk, bawang merah harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari dan berventilasi baik.  Semua jenis bawang  haruslah  disimpan  jauh dari kentang, karena  mereka akan  menyerap kelembaban gas kentang  dan menyebabkan manfaat kentang menjadi lebih mudah rusak.

 

Bawang yang mempunyai rasa yang lebih tajam,  bisa  bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang lebih manis misalnya seperti bawang putih, karena senyawa yang menghasilkan rasa yang tajam tersebut adalah pengawet alami juga.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  atau wadah memiliki bahan dasr logam ini bisa menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang dapat menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.