Kamis, 26 April 2018

Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih

KHASIAT BAWANG MERAH DAN RESIOK BAGI KESEHATAN


 

Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih - Manfaat bawang merah yang Terkenal sekali dalam dunia medis ialah kemampuannya dalam Menangani kanker serta berbagai jenis penyakit berbahaya.  Bawang merah juga bisa menjadi  anti oksidan yang ampuh sekali dalam menangkal radikal bebas.  Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih

Baca juga artikel lainnya

Kesuburan wanita mengikuti umurnya

Fakta tentang masa subur wanita

Khasiat daun salam untuk kesehatan

Manfaat memakan jengkol

 

Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih - Bawang merah biasanya digunakan  sebagai bumbu masakan.  Bawang merah kerap  kali menjadi bumbu wajib untuk masakan, karena bawang merah jadi semacam penguat rasa untuk masakan.  Selain dari itu bawang merah juga ialah  makanan padat nutrisi yang rendah kalori memiliki banyak mengandung nutrisi yang bermanfaat sekali bagi tubuh.  Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih

Artikel lainnya

Penyubur kandungan herbal

Penyubur herbal di google

Dibawah Ini Adalah Kandungan Gizi Yang Terdapat Pada Bawang Merah

Satu cangkir bawang merah cincang mengandung sekitar :

64 kalori

15 gram karbohidrat

0 gram lemak

0 gram kolesterol

3 gram serat

7 gram gula

2 gram protein dan 10%

Lebih dari kebutuhan harian vitamin C, vitamin B-6 dan mangan

mempunyai sejumlah kandungan kalsium, zat besi, asam folat, magnesium, fosfor  dan kalium antioksidan quercetin dan juga sulfur.

Tingginya kandungan gizi ini membuat bawang merah tidak kalah baiknya dangan temnnya yaitu bawang putih yang juga mampu menangkal penyakit berbahaya dan juga menjaga kesehatan tubuh.

 

Manfaat bawang merah bisa dibagi ke dalam  dua jenis yaitu :

 

Bagi Kesehatan Tubuh Dan Media Pengobatan


Manfaat Bawang Merah Bagi Tubuh


{Mengkonsumsi bawang merah didalam masakan tentunya sangat sedap|Memasak dengan menggunakan bawang merah pasti akan sedap sekali rasanya.  Namun  apabila bawang merah yang masih mentah? Anda pasti akan berfikir dua kali untuk langsung memakannya, namun tunggu dulu jangan langsung berfikiran seperti itu karna kalau anda tahu manfaat dari bawang merah pastilah anda akan mau memakan bawang merah walupun dalam keadaan mentah. Berikut diantaranya adalah beberapa manfaat dari bawang merah :

 

Pencegahan Kanker


Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih - Sayuran allium telah diteliti dengan ekstensif dalam hubungannya dengan kanker, terutama lambung  dan kanker kolorektal.  Bawang merah tinggi akan organosulfur  cenderung  memberi efek yang baik.  Walaupun mekanisme nya belum ditemukan dimana senyawa ini menghambat kanker. Akan tetapi beberapa hipotesis memungkinkan penghambatan pertumbuhan tumor dan mutagenesis.

 

Bawang juga adalah sumber vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang  membantu untuk  melawan pembentukan radikal bebas yang telah di ketahui bisa menjadi penyebab kanker.

 

Mencegah Kanker Prostat


Dalam sebuah studi  yang  diedarkan oleh Journal of National Cancer Institute, para peneliti menggunakan studi kasus terkontrol yang berfokus  pada populasi untuk menyelidiki hubungan antara asupan allium sayuran dan kanker prostat.  Mereka menemukan bahwa laki-laki dengan asupan allium sayuran yang tertinggi, mempunyai risiko terendah terhadap kanker prostat.

 

Esofagus Dan Kanker Perut


 

Asupan allium pada sayuran yang berbanding terbalik dengan risiko terserang kanker perut.  Banyak penelitian pada manusia dengan menggunakan cara survei menunjukan bahwa alliums mempunyai Khasiat positif, dan juga dapat  menghambat tumor sesudah pemberian senyawa allium.

 

Mengatur Tidur Dan Suasana Hati


Folat ditemukan pada bawang,  bisa membantu mengobati  depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan didalam tubuh, yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain untuk mencapai otak.   Homosistein mempengaruhi produksi hormon serotonin, dopamine, serta norepinephrine, ini bukan Cuma mempengaruhi suasana hati namun juga tidur serta nafsu makan .

 

Sangat Baik Untuk Jantung


Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih - Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur didalam bawang merah, memberi efek penurunan pada kadar kolesterol jahat  dalam darah dan peningkatan pada kadar kolesterol baik.  Manfaat bawang putih juga mengontrol  tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

 

Manfaat Bawang Merah Sebagai Media Pengobatan


 

Manfaat Makan 1 Siung Bawang Putih - Banyak sekali pengobatan tradisional yang dilakukan dengan manfaat  kunyit, manfaat temulawak maupun manfaat jahe.  Namun bawang merah juga dapat menjadi media pengobatan tradisional.  Diantaranya adalah :

 

Mengatasi Perut Kembung Pada Si Kecil


Anak-anak dapat dengan mudah terkena yang namanya masuk angin, dan itu bisa jadi penyebab perut kembung.   Untuk mengatasi perut kembung adalah dengan cara,  menggunakan bawang merah lalu kemudian haluskan. Berikan sedikit minyak telo, lalu oleskan di bagian pusar si kecil.

Meredakan Batuk


Cara menggunakan bawang merah untuk mengobati batuk adalah dengan cara memarut  bawang merah sampai halus yang kemudian  tambahkan minyak telon,  kemudian oleskan pada sekujur tubuh di bagian punggung di barengi dangan di urut .

Resiko Bawang Merah Untuk Kesehatan


 

Meskipun efeknya tidaklah membahayakan,  tetapi dapat menjadi masalah bagi kesehatan. Bawang  mempunya karbohidrat  yang menjadikan gas dan kembung.  Orang yang mempunyai  penyakit maag kronis dan juga penyakit  refluks lambung  kalau mengonsumsi bawang mentah bisa memperburuk rasa mulas.

 

 

menurut University of Georgia Mengkonsumsi sejumlah bawang ataupun meningkatkan konsumsi bawang dapat mengganggu dengan obat pengencer darah .  Bawang merah mengandung jumlah vitamin k yang sangat tinggi, yang mampu menurunkan fungsi darah.

 

Menurut sebuah artikel di Journal of Allergy and Clinical Immunology Bawang merah juga memungkinkan untuk intoleransi makanan ataupun alergi  terhadap bawang,  namun  kasus- kasus yang jarang terjadi . seseorang yang mempunyai alergi  terhadap bawang merah kulitnya bisa terasa gatal, kemerahan serta ruam jika bersentuhan dengan bawang merah.  Orang tidak cocok  terhadap bawang merah mungkin mengalami mual, muntah dan ketidaknyamanan lambung lainnya.

 

Cara Memilih Dan Menyimpan Bawang Merah


Mengonsumsi bawang merah yang baik adalah, harus bersih, keras dan  memiliki kulitnya yang kering. Jangan sampai mengkonsumsi bawang merah yang  mulai busuk, bawang merah harus disimpan pada suhu kamar,  jauh dari paparan sinar matahari serta berventilasi baik.  Jangan pernah menyimpan kentang serta bawang merah dengan bersamaan,  karena bawang bisa menyerap kelembaban kentang, sehingga kentang  jadi lebih mudah membusuk.

 

Bawang merah memiliki rasa yang lebih tajam, dan itu bisa membuatnya bertahan lebih lama dibandingkan dengan bawang  yang  memiliki rasa lebih manis  seperti bawang putih,  senyawa yang  menghasilkan rasa tajam itu adalah sebagai pengawet alami.

Jangan menyimpan bawang yang hendak dimasak,  dalam  mangkuk  atau wadah berbahan dasar logam ini akan menjadikan bawang berubah warna.  Pembekuan bawang yang sudah di cincang akan menyebabkan bawang kehilangan rasa. Penggunaan bawang merah dialam masakan memang sangat erat disandingkan dengan rekannya yaitu bawang putih.