Kamis, 27 Desember 2018

Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita - Waktu subur pada perempuan harus  diperhitungkan dengan baik untuk membuat perkiraan kapan waktu  yang benar {untuk|buat melakukan hubungan  suami istri buat  yang mau  mendapatkan anak atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, penting buat  para perempuan untuk tahu cara memperkirakan kapan waktu subur wanita yang benar.  Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita - Meskipun Anda menyebutnya Menstruasi, tamu bulanan, datang bulan, atau sebutan lainnya, datang bulan  adalah keadaan  yang pasti dialami dan dijalani oleh perempuan, mulai dari akil balik sampai umur  40 - 50an. Datang bulan adalah  peristiwa normal  dalam proses perkembangan.

 

Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita - Penting untuk wanita buat mengetahui  kalender menstruasinya  dan tahu bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid/menstruasi. Masa pelepasan sel telur atau ovum bervariasi waktunya, hal ini tergantung pada kondisi emosi perempuan. Kondisi emosi  perempuan berpengaruh pada reflex hipotalamus sehingga akan  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan bisa berpengaruh kepada  waktu ovulasi.  Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

Buat sebagian wanita, kalau  tanggal menstruasi terlambat atau tidak menstruasi adalah tanda kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan mengerti bagaimana cara memperhitungkan masa subur atau bagaimana cara memperkirakan masa  tidak subur, wanita akan bisa  menghindari kehamilan pada masa subur atau melakukan aktivitas menambah momongan pada masa subur.  Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

 

Selain itu, tak cukup mengetahui bagaimana cara menghitung kapan perkiraan masa subur lelaki saja, tetapi juga memahami  cara menghitung kapan  waktu subur wanita  juga amat penting bagi  suami istri  yang tengah program hamil.  Menemukan  masa  subur tiap  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh sebab itu, cara memperkirakan kapan masa subur perempuan agar  cepat hamil adalah aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

Masa subur bergantung kepada siklus haid  dan karena ini siklus {pada setiap wanita berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Masa subur pada perempuan dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan perempuan yang mentruasinya tak  teratur.

 

Supaya Anda dapat mengerti  bagaimana cara memperkirakan masa subur, baca ulasan berikut.

 

Bagaimana  Mengetahui Kapan  Waktu Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita - Cara memperkirakan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis buat Anda. Hari pertama haid merupakan perhitungan awal, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa menstruasi, ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, biasanya  wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu menstruasi wanita bisa  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi bisa berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada waktu selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur yang sudah siap  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur mesti segera dibuahi menjadikan betapa penting  mengerti tentang  kapankah  perempuan  sedang dalam kondisi paling subur. Biasanya untuk bisa mengerti benar kapan masa subur, harus menghitung berdasarkan analisa dan catatan datang bulan paling tidak selama 8 bulan terakhir.

 

Buat Anda dengan siklus menstruasi teratur, amat mudah untuk menentukan kapan masa subur anda. Cukup kurangi hari pertama haid yang berikutnya dengan 14 dan ketemulah masa suburnya.

 

Misalnya Anda mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Menstruasi


Pada hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim)  mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai menstruasi. Waktu haid  normal biasanya  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat datang bulan berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah waktu  Anda mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Fase Folikular


Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Umunya, satu telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini bisa memakan waktu yang lama atau sebentar dan mempunyai peran penting pada berapa lama siklus Anda. Di saat yang bersamaan, endometrium bersiap menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita - Tahap ini dimulai pada waktu ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat berlangsung  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus haid yang normal. Jika  ovum dibuahi sperma dan  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Kalau ovum tidak dibuahi, endometrium akan luruh.

 

Jika siklus datang bulan yang teratur menjadi tidak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, fungsi hati, usus besar, gula darah, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Haid Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menentukan  masa subur pada perempuan dengan siklus datang bulan teratur tentu berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus haid tidak teratur. Untuk Kamu dengan siklus haid {tidak|tak{ teratur, cara menghitung waktu suburnya lumayan rumit, karena harus diketahui siklus datang bulan minimal 6 bulan terakhir.  Berapa Harikah Masa Subur Pada Wanita

Satu siklus menstruasi dihitung sejak hari pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Kemudian, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus datang bulan Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus datang bulan Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Kamu sudah bisa mengetahui kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com