Sabtu, 29 Desember 2018

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

Cara Menghitung waktu Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur - Waktu subur pada perempuan perlu  dihitung dengan baik untuk membuat perkiraan kapan waktu  yang benar {untuk|buat melakukan hubungan  suami istri bagi  yang hendak  memperoleh momongan atau menghindarinya. Oleh sebab itu, penting bagi  para perempuan untuk memahami cara memperkirakan kapan masa subur wanita yang benar.  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur - Meskipun Anda menyebutnya datang bulan, tamu bulanan, menstruasi, atau banyak sebutan lainnya, datang bulan  adalah peristiwa  yang pasti dialami dan dijalani oleh wanita, mulai sejak akil balik sampai usia  40 - 50an. Hal tersebut merupakan  peristiwa normal  didalam proses pertumbuhan.

 

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur - Penting buat wanita buat mengetahui tentang  kalender datang bulannya  dan tahu cara memperkirakan masa subur sesudah haid/menstruasi. Masa pelepasan sel telur atau ovum berbeda-beda waktunya, hal tersebut disesuaikan pada kondisi emosi wanita. Kondisi emosi  wanita memengaruhi reflex hipotalamus sehingga dapat  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan dapat berpengaruh kepada  waktu ovulasi.  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

Untuk beberapa wanita, jika  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi merupakan tanda kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan memahami bagaimana cara memperkirakan masa subur atau cara memperkirakan masa  tidak subur, perempuan dapat  menghindari terjadinya kehamilan pada waktu subur atau melakukan hubungan suami istri untuk menambah momongan pada masa subur.  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

 

Selain itu, tak cukup paham cara memperhitungkan kapan waktu subur lelaki saja, tetapi juga memahami  cara mengetahui kapan  masa subur perempuan  juga amat penting bagi  suami istri  yang tengah promil.  Menemukan  waktu  subur masing-masing  pasangan biasanya merupakan  langkah awal. Oleh karena itu, cara memperkirakan kapan masa subur perempuan agar  cepat hamil bisa jadi salah satu aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur tergantung kepada siklus menstruasi  dan karena ini siklus {pada setiap perempuan berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Waktu subur pada wanita dengan haid  yang teratur bakal  berbeda dengan perempuan yang mentruasinya tidak  teratur.

 

Supaya Anda dapat mengerti  bagaimana cara menghitung masa subur, baca uraian berikut.

 

Bagaimana Cara  Menghitung Perkiraan Kapan  Waktu Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur - Cara memperkirakan masa subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis buat Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat sel telur meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada waktu haid, ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, normalnya  wanita mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu haid wanita bisa  berubah dari waktu ke waktu. Keadaan ini membuat ovulasi bisa berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada masa selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur yang telah matang  ini mesti dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Pendeknya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus segera dibuahi membuat pentingnya  mengetahui  kapankah  perempuan  sedang dalam kondisi paling subur. Biasanya untuk bisa mengerti benar kapan waktu subur, harus menghitung berdasarkan catatan dan analisis haid selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Untuk Anda dengan siklus haid teratur, amat mudah untuk menentukan kapan masa subur anda. Cukup kurangi hari pertama datang bulan yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalkan saja Anda mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka masa subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Haid


Hari pertama siklus Anda, Rahim (endometrium)  mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai datang bulan. Masa menstruasi  normal bisa  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat haid berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat  Anda merasakan atau mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu endometrium  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium bersiap melepaskan telur. Umunya, satu telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang sebentar atau lama dan mempunyai peran penting pada berapa lama siklus Anda. Di saat bersamaan, Rahim atau endometrium mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur - Fase ini pertama kali terjadi pada waktu ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini bisa berlangsung  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Kalau  sel telur dibuahi oleh sperma kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Kalau ovum tidak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Jika siklus menstruasi yang teratur berubah menjadi tak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, gula darah, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Masa Subur Menstruasi Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara memperkirakan  waktu subur pada wanita dengan siklus datang bulan teratur tentu berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur. Buat Kamu yang mempunyai siklus datang bulan {tidak|tak{ teratur, cara menentukan waktu suburnya agak rumit, karena harus mengetahui siklus menstruasi minimal 6 bulan terakhir.  Cara Menghitung Masa Subur Wanita Yg Haidnya Tidak Teratur

Satu siklus menstruasi mulai dihitung sejak dari pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Selanjutnya, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus haid Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya perhatikan berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus menstruasi Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini Kamu sudah bisa mengetahui kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com