Minggu, 23 Desember 2018

Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Tips Mengetahui Masa Subur Wanita - Masa subur pada wanita harus  diperhitungkan dengan baik buat memperkirakan waktu  yang baik {untuk|buat melakukan hubungan  badan bagi  yang ingin  mendapatkan keturunan atau menghindarinya. Oleh karena itu, amat penting bagi  para wanita untuk mengetahui cara menghitung kapan waktu subur wanita yang benar.  Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Tips Mengetahui Masa Subur Wanita - Meskipun Anda menyebutnya tamu bulanan, menstruasi, datang bulan, atau sebutan lainnya, menstruasi  adalah peristiwa  yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai dari akil baligh hingga usia  40 - 50an. menstruasi merupakan  keadaan wajar  dalam setiap proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Tips Mengetahui Masa Subur Wanita - Penting buat perempuan buat tahu tentang  kalender datang bulannya  dan paham cara menghitung waktu subur sesudah haid/menstruasi. Masa pelepasan ovum atau sel telur bervariasi waktunya, hal tersebut disesuaikan pada tingkat emosi perempuan. Kondisi emosi  wanita sangat berpengaruh pada reflex hipotalamus hingga bisa  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan berpengaruh kepada  masa ovulasi.  Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Untuk beberapa perempuan, bila  tanggal datang bulan terlambat atau tidak menstruasi adalah tanda awal kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh sebab itu, dengan memahami cara memperhitungkan waktu subur atau bagaimana cara menghitung masa  tidak subur, perempuan bisa  menghindari kehamilan pada masa subur atau melakukan aktivitas menambah momongan pada masa subur.  Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

 

Selain itu, tidak cukup memahami bagaimana cara memperhitungkan kapan waktu subur laki-laki saja, akan tetapi juga memahami  bagaimana cara mengetahui kapan  waktu subur wanita  juga amat sangat penting untuk  mereka  yang tengah program hamil.  Menentukan  masa  subur masing-masing  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh karena itu, cara memperkirakan kapan waktu subur wanita supaya  cepat hamil bisa jadi aspek penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur bergantung pada siklus haid  dan karena itu terjadinya {pada setiap perempuan berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Waktu subur pada perempuan dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan perempuan yang haidnya tak  teratur.

 

Agar Kita dapat mengerti  bagaimana cara memperhitungkan waktu subur, baca uraian berikut.

 

Cara  Memperkirakan Kapan  Masa Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Haid Teratur


 

Tips Mengetahui Masa Subur Wanita - Cara menentukan kapan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis bagi Anda. Hari pertama menstruasi merupakan perhitungan awal, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa datang bulan, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. masa subur terjadi 5-6 hari sebelum waktu ovulasi. Jelasnya, biasanya  wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu menstruasi wanita mungkin  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada periode selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya dapat hamil, ovum yang sudah matang  ini harus dibuahi dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Pendeknya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus segera dibuahi menjadikan penting  memahami tentang  kapankah waktu  wanita  sedang dalam posisi paling subur. Umumnya untuk dapat benar-benar mengerti masa subur, mesti menghitung berdasarkan catatan dan analisis menstruasi paling sedikit selama 8 bulan terakhir.

 

Buat Anda dengan siklus haid teratur, sangat mudah untuk menghitung masa subur. Kurangi saja hari pertama datang bulan yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalkan Anda mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka masa subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Menstruasi


Pada hari pertama siklus Anda, endometrium atau Rahim  mulai luruh. Kita mengetahuinya sebagai menstruasi. Waktu haid  normal bisa  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat haid berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat  Anda mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur pada ovarium bersiap melepaskan telur. Normalnya, satu sel telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang sebentar atau lama dan memainkan peran penting pada berapa lama siklus Anda. Pada waktu bersamaan, endometrium mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Tips Mengetahui Masa Subur Wanita - Fase ini dimulai pada waktu ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat berlangsung  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus datang bulan yang normal. Bila  sel telur atau ovum dibuahi sperma dan kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Kalau ovum atau sel telur tak dibuahi oleh sperma, endometrium akan luruh.

 

Jika siklus menstruasi yang teratur menjadi tidak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, gula darah, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Haid Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menghitung  waktu subur pada wanita dengan siklus haid teratur berbeda dengan cara menghitung pada perempuan dengan siklus haid tidak teratur. Untuk Kamu yang memiliki siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menghitung waktu suburnya lumayan rumit, karena harus diketahui siklus menstruasi sedikitnya 6 bulan terakhir.  Tips Mengetahui Masa Subur Wanita

Satu siklus haid dihitung sejak dari pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan Siklus masing-masing haid Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian perhatikan berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus menstruasi Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah bisa mengetahui kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com