Rabu, 26 Desember 2018

Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

Cara Menghitung waktu Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi - Masa subur pada perempuan harus  diperhitungkan dengan baik buat perkiraan waktu  yang benar {untuk|buat melakukan hubungan seks untuk  yang hendak  mempunyai keturunan atau menghindari kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting buat  para wanita untuk tahu cara menghitung kapan waktu subur wanita yang benar.  Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi - Meskipun Anda menyebutnya datang bulan, tamu bulanan, menstruasi, atau banyak sebutan lainnya, menstruasi  adalah keadaan  yang pasti dialami dan dijalani oleh wanita, dimulai dari akil balik hingga usia  40 - 50an. Haid merupakan  peristiwa wajar dan normal  dalam proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi - Penting buat wanita buat mengetahui  jadwal datang bulannya  dan paham bagaimana cara menghitung waktu subur sesudah haid/menstruasi. Waktu pelepasan ovum bervariasi waktunya, hal ini tergantung pada kondisi emosi perempuan. Tingkat emosi  perempuan berpengaruh pada reflex hipotalamus hingga bisa  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan bisa memengaruhi  siklus ovulasi.  Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

Untuk sebagian wanita, kalau  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi adalah tanda awal kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan mengetahui bagaimana cara memperhitungkan waktu subur atau cara menghitung masa  tidak subur, perempuan akan dapat  menghindari terjadinya kehamilan pada waktu subur atau melakukan hubungan suami istri untuk menambah momongan pada masa subur.  Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

 

Selain itu, tak sekedar mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur laki-laki saja, namun juga mengerti  bagaimana cara menghitung kapan  masa subur wanita  juga sangat penting untuk  perempuan  yang sedang promil.  Menemukan  waktu  subur masing-masing  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh karena itu, cara menghitung waktu subur perempuan agar  cepat hamil merupakan aspek terpenting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur tergantung kepada siklus haid  dan karena ini terjadinya {pada setiap perempuan berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Masa subur pada wanita dengan menstruasi  yang teratur akan  berbeda dengan wanita yang mentruasinya tidak  teratur.

 

Supaya Anda dapat mengerti  bagaimana memperkirakan waktu subur, baca penjelasan berikut.

 

Bagaimana  Mengetahui Kapan  Waktu Subur Pada Wanita Dengan Siklus Menstruasi Teratur


 

Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi - Cara memperkirakan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis untuk Anda. Hari pertama haid merupakan perhitungan awal, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada waktu haid, sel telur atau ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, rata-rata  wanita mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu haid wanita bisa saja  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada waktu selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya dapat hamil, ovum yang telah matang  ini harus dibuahi dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus segera dibuahi sperma menjadikan penting  mengetahui  kapan  wanita  berada dalam posisi paling subur. Biasanya untuk dapat mengerti benar kapan waktu subur, harus menghitung berdasarkan analisa dan catatan haid paling sedikit selama 8 bulan terakhir.

 

Buat Kamu dengan siklus menstruasi teratur, sangat mudah untuk menghitung kapan waktu subur anda. Kurangi saja hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan itulah masa suburnya.

 

Misalnya Anda mulai menstruasi pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Waktu Haid


Pada hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim)  mulai luruh. Kita mengetahuinya dengan datang bulan. Waktu haid  normal biasanya  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat  Anda merasakan atau mengalami kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Fase Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur di ovarium siap melepaskan telur. Biasanya, satu sel telur dilepaskan setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang singkat atau lama dan memainkan peran penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat yang bersamaan, endometrium mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Tahap Luteal


Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi - Tahap ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus datang bulan yang normal. Bila  ovum atau sel telur dibuahi kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Bila ovum tak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Jika siklus haid yang teratur kemudian menjadi tak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, diabetes, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Haid Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menghitung kapan  waktu subur pada wanita dengan siklus datang bulan teratur berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur. Buat Kamu yang mempunyai siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menghitung waktu suburnya agak sedikit rumit, sebab mesti mengetahui siklus haid sedikitnya enam bulan terakhir.  Kapankah Masa Subur Wanita Terjadi

Satu siklus haid mulai dihitung sejak pertama Anda haid sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Setelah itu, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus datang bulan Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya catat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus haid Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah dapat menentukan kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com