Sabtu, 22 Desember 2018

Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita - Masa subur pada wanita harus  diperhitungkan dengan cermat buat menetapkan waktu  yang tepat {untuk|buat melakukan seks untuk  yang mau  mendapatkan keturunan atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi  para perempuan untuk memahami cara menghitung kapan waktu subur wanita yang benar.  Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita - Meskipun Anda menyebutnya tamu bulanan, menstruasi, datang bulan, atau sebutan lainnya, datang bulan  adalah peristiwa  yang pasti dirasakan dan dijalani oleh perempuan, mulai akil balik hingga usia  40 - 50an. Hal tersebut adalah  peristiwa wajar dan normal  didalam proses perkembangan.

 

Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita - Penting buat perempuan untuk tahu tentang  jadwal datang bulannya  dan tahu bagaimana cara menghitung waktu subur setelah haid/menstruasi. Waktu pelepasan sel telur atau ovum berbeda-beda waktunya, hal tersebut disesuaikan pada tingkat emosi wanita. Kondisi emosi  wanita berpengaruh pada reflex hipotalamus hingga dapat  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan dapat berpengaruh kepada  masa ovulasi.  Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

Bagi sebagian wanita, jika  tanggal menstruasi terlambat atau tidak menstruasi adalah indikasi awal kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh sebab itu, dengan memahami bagaimana cara menghitung masa subur atau cara memperkirakan waktu  tidak subur, perempuan dapat  menghindari terjadinya kehamilan pada waktu subur atau melakukan hubungan badan untuk menambah momongan pada waktu subur.  Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

 

Selain itu, tak cukup paham bagaimana cara memperhitungkan kapan masa subur lelaki saja, akan tetapi juga memahami  cara menghitung kapan  waktu subur perempuan  juga amat sangat penting untuk  mereka  yang tengah merencanakan kehamilan.  Mengetahui  masa  subur tiap  pasangan biasanya merupakan  langkah awal. Oleh karena itu, cara memperkirakan waktu subur wanita supaya  cepat hamil merupakan salah satu aspek terpenting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur bergantung kepada siklus menstruasi  dan karena menstruasi terjadinya {pada setiap wanita berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Masa subur pada perempuan dengan datang bulan  yang teratur bakal  berbeda dengan perempuan yang datang bulannya tidak  teratur.

 

Agar Anda dapat mengetahui  bagaimana cara memperhitungkan masa subur, simak ulasan berikut ini.

 

Bagaimana  Menghitung  Waktu Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Menstruasi Teratur


 

Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita - Cara memperkirakan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara mudah dan praktis untuk Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada waktu menstruasi, sel telur atau ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, biasanya  perempuan mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa haid perempuan bisa saja  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi bisa berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada waktu selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar bisa hamil, sel telur yang telah siap  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur mesti segera dibuahi sperma menjadikan pentingnya  memahami tentang  kapankah  perempuan  sedang dalam masa paling subur. Standar untuk bisa mengerti benar kapan waktu subur, mesti menghitung berdasarkan analisa dan catatan haid selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Untuk Kamu dengan siklus menstruasi teratur, amat mudah untuk memperkirakan kapan waktu subur anda. Kurangi saja hari pertama datang bulan yang berikutnya dengan 14 dan itulah masa suburnya.

 

Misalkan Anda mulai datang bulan pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Haid


Pada hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim)  mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai menstruasi. Waktu datang bulan  normal akan  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah waktu  Anda mengalami kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Fase Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur pada ovarium bersiap melepaskan telur. Normalnya, satu sel telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang sebentar atau lama dan berpengaruh sangat penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat bersamaan, endometrium bersiap menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Tahap Luteal


Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita - Tahap ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini bisa berlangsung  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus datang bulan yang normal. Jika  ovum atau sel telur dibuahi dan kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Bila sel telur atau ovum tidak dibuahi, endometrium akan luruh.

 

Bila siklus menstruasi yang teratur berubah menjadi tak teratur, ini bisa saja mengindikasikan masalah hormon dan atau tiroid, fungsi hati, usus besar, diabetes, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Masa Subur Menstruasi Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara memperkirakan  masa subur pada perempuan dengan siklus haid teratur berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur. Untuk Anda yang mempunyai siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menentukan masa suburnya lumayan rumit, sebab harus mengetahui siklus haid sedikitnya enam bulan terakhir.  Cara Mengira Waktu Kesuburan Wanita

Satu siklus datang bulan dihitung sejak hari pertama Anda menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Selanjutnya, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan Siklus masing-masing datang bulan Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian perhatikan berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus menstruasi Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah bisa menentukan kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com