Jumat, 28 Desember 2018

Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi - Waktu subur pada perempuan harus  dihitung dengan baik untuk membuat perkiraan waktu  yang baik {untuk|buat melakukan hubungan  intim buat  yang hendak  mendapatkan keturunan atau menghindarinya. Oleh karena itu, penting bagi  para wanita untuk mengetahui cara menghitung kapan masa subur wanita yang benar.  Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi - Meskipun Anda menyebutnya tamu bulanan, menstruasi, datang bulan, atau sebutan lainnya, menstruasi  adalah keadaan  yang pasti dialami dan dijalani oleh wanita, mulai sejak akil balik sampai usia  40 - 50an. Hal tersebut adalah  keadaan wajar  dalam proses pertumbuhan.

 

Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi - Penting untuk perempuan buat mengetahui tentang  jadwal datang bulannya  dan mengerti bagaimana cara menghitung waktu subur setelah haid/menstruasi. Waktu pelepasan sel telur atau ovum bervariasi waktunya, hal ini tergantung pada tingkat emosi perempuan. Kondisi emosi  perempuan berpengaruh pada reflex hipotalamus sehingga akan  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan berpengaruh kepada  masa ovulasi.  Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

Bagi sebagian perempuan, jika  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi adalah ciri sedang hamil. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan mengerti bagaimana cara menghitung waktu subur atau bagaimana cara menghitung masa  tidak subur, wanita bisa  menghindari kehamilan pada masa subur atau melakukan hubungan suami istri untuk menambah momongan pada waktu subur.  Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

 

Selain itu, tak sekedar mengerti bagaimana cara menghitung masa subur laki-laki saja, tetapi juga mengetahui  bagaimana cara memperkirakan  waktu subur wanita  juga amat penting buat  pasangan  yang tengah promil.  Menentukan  masa  subur masing-masing  pasangan biasanya jadi  langkah awal. Oleh karena itu, cara menghitung kapan masa subur perempuan agar  cepat hamil merupakan aspek penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

Masa subur tergantung pada siklus menstruasi  dan karena menstruasi siklus {pada setiap wanita berbeda-beda|berbeda pada setiap wanita. Waktu subur pada perempuan dengan datang bulan  yang teratur bakal  berbeda dengan wanita yang haidnya tak  teratur.

 

Agar Kita dapat mengerti  bagaimana memperhitungkan masa subur, baca ulasan berikut.

 

Bagaimana  Menghitung Perkiraan Kapan  Masa Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Menstruasi Teratur


 

Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi - Cara menentukan kapan masa subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara praktis dan mudah bagi Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama haid, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa datang bulan, ovum atau sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, pada umumnya  perempuan mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa menstruasi wanita bisa saja  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi akan berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada periode selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, sel telur yang telah siap  ini mesti dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus segera dibuahi membuat pentingnya  mendeteksi  kapan waktu  perempuan  sedang dalam kondisi paling subur. Umumnya untuk dapat benar-benar mengerti masa subur, mesti menghitung berdasarkan analisa dan catatan datang bulan selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Untuk Anda dengan siklus datang bulan teratur, amat mudah untuk memperkirakan kapan waktu subur anda. Cukup kurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan itulah waktu suburnya.

 

Misalnya saja Anda mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Waktu Datang Bulan


Pada hari pertama siklus Anda, Rahim (endometrium)  mulai luruh. Anda mengetahuinya dengan menstruasi. Waktu menstruasi  normal biasanya  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat-saat  Anda merasakan kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram merupakan  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu endometrium  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur di ovarium siap melepaskan telur. Normalnya, satu sel telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini bisa memakan waktu yang sebentar atau lama dan mempunyai peranan penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat bersamaan, Rahim bersiap menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi - Fase ini pertama kali terjadi pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus datang bulan yang normal. Kalau  ovum atau sel telur dibuahi sperma dan  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Jika sel telur atau ovum tak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Jika siklus datang bulan yang teratur berubah menjadi tak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, gula darah, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Datang Bulan Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara memperkirakan  masa subur pada perempuan dengan siklus menstruasi teratur berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus datang bulan tidak teratur. Bagi Anda yang mempunyai siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara menghitung waktu suburnya agak rumit, karena mesti mengetahui siklus datang bulan paling tidak enam bulan terakhir.  Kapan Masa Kesuburan Wanita Terjadi

Satu siklus haid mulai dihitung sejak hari pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Selanjutnya, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan siklus tiap-tiap menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus haid Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah dapat menentukan kapan masa subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com