Kamis, 27 Desember 2018

Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan - Masa subur pada wanita perlu  dihitung dengan cermat buat memperkirakan waktu  yang benar {untuk|buat melakukan hubungan  badan bagi  yang hendak  mendapatkan momongan atau menghindari kehamilan. Oleh karena itu, sangat penting buat  para wanita untuk memahami cara memperkirakan kapan masa subur wanita yang benar.  Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan - Meskipun Anda menyebutnya Haid, menstruasi, datang bulan, tamu bulanan, atau sebutan lainnya, datang bulan  adalah keadaan  yang pasti dirasakan dan dijalani oleh wanita, mulai akil baligh sampai umur  40 - 50an. Ini adalah  kejadian wajar  dalam setiap proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan - Penting buat perempuan bagi tahu tentang  kapan waktu datang bulannya  dan paham bagaimana cara menghitung masa subur setelah haid/menstruasi. Waktu pelepasan sel telur berbeda-beda waktunya, hal ini tergantung pada kondisi emosi wanita. Kondisi emosi  wanita sangat berpengaruh pada reflex hipotalamus sehingga akan  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan berpengaruh pada  waktu ovulasi.  Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

Untuk beberapa perempuan, bila  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi adalah tanda sedang hamil. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh sebab itu, dengan mengetahui cara memperhitungkan masa subur atau cara memperhitungkan waktu  tidak subur, perempuan akan dapat  menghindari kehamilan pada masa subur atau melakukan hubungan badan untuk menambah momongan pada masa subur.  Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

 

Selain itu, tidak Cuma memahami bagaimana cara menghitung kapan perkiraan masa subur lelaki saja, namun mengetahui  bagaimana cara memperkirakan kapan  masa subur wanita  juga sangat penting buat  wanita  yang sedang program hamil.  Mengetahui  masa  subur masing-masing  pasangan biasanya merupakan  langkah awal. Oleh sebab itu, cara menghitung kapan waktu subur wanita agar  cepat hamil adalah salah satu aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

Masa subur bergantung pada siklus datang bulan  dan karena datang bulan terjadinya {pada setiap perempuan berbeda|berbeda pada setiap perempuan. Masa subur pada wanita dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan perempuan yang haidnya tak  teratur.

 

Supaya Kita bisa memahami  bagaimana menghitung masa subur, baca ulasan berikut.

 

Cara  Menghitung  Masa Subur Pada Perempuan Dengan Siklus Menstruasi Teratur


 

Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan - Cara memperkirakan masa subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara praktis dan mudah bagi Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama menstruasi, saat sel telur meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada waktu datang bulan, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, rata-rata  wanita mengalami masa subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama masa haid wanita bisa  berubah dari waktu ke waktu. Keadaan ini membuat ovulasi akan berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada waktu selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya bisa hamil, ovum yang telah matang  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus dibuahi sperma membuat penting  mengerti tentang  kapan  perempuan  sedang dalam posisi paling subur. Biasanya untuk bisa benar-benar mengerti waktu subur, mesti menghitung berdasarkan catatan dan analisis menstruasi paling tidak selama 8 bulan terakhir.

 

Untuk Kamu dengan siklus haid teratur, cara menghitung masa subur mudah saja. Cukup kurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan ketemulah waktu suburnya.

 

Misalkan saja kamu mulai datang bulan pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan ini adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Datang Bulan


Pada hari pertama siklus Anda, Rahim (endometrium)  mulai luruh. Kita mengetahuinya dengan datang bulan. Masa menstruasi  normal akan  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat datang bulan berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah waktu  Anda merasakan atau mengalami kram di panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu endometrium  meluruhkan darah.

 

Fase Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur di ovarium bersiap melepaskan telur. Biasanya, satu telur dilepaskan di setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang lama atau sebentar dan memainkan peran penting pada berapa lama siklus Anda. Pada saat yang bersamaan, Rahim mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan - Fase ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus menstruasi yang normal. Jika  sel telur atau ovum dibuahi dan  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Kalau sel telur atau ovum tak dibuahi sperma, endometrium akan luruh.

 

Bila siklus haid yang teratur menjadi tidak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, gula darah, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Menstruasi Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara menghitung  masa subur pada perempuan dengan siklus haid teratur berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus menstruasi tak teratur. Buat Anda dengan siklus datang bulan {tidak|tak{ teratur, cara memperkirakan waktu suburnya cukup rumit, sebab harus diketahui siklus haid paling tidak enam bulan terakhir.  Masa Subur Wanita Pasca Melahirkan

Satu siklus datang bulan dihitung sejak hari pertama Anda haid sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Selanjutnya, hitung dengan teliti berapa jumlah hari dan siklus tiap-tiap menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan selanjutnya perhatikan berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus haid Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah dapat menentukan kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com