Rabu, 26 Desember 2018

Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa - Waktu subur pada wanita perlu  dihitung dengan cermat buat membuat perkiraan kapan waktu  yang benar {untuk|buat melakukan hubungan seks buat  yang hendak  memperoleh momongan atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, amat penting untuk  para perempuan untuk mengetahui cara memperkirakan kapan masa subur wanita yang benar.  Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa - Meskipun Anda menyebutnya Haid, menstruasi, datang bulan, tamu bulanan, atau banyak sebutan lainnya, datang bulan  adalah keadaan  yang pasti dirasakan dan dijalani oleh wanita, mulai sejak akil balik sampai umur  40 - 50an. Hal tersebut adalah  kejadian normal  didalam proses pertumbuhan.

 

Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa - Penting untuk wanita buat mengetahui  kalender datang bulannya  dan tahu bagaimana cara memperkirakan masa subur setelah haid/menstruasi. Masa pelepasan ovum berbeda-beda waktunya, hal tersebut tergantung pada tingkat emosi wanita. Kondisi emosi  perempuan memengaruhi reflex hipotalamus hingga bisa  berpengaruh pada lepasnya faktor FSH dan LG serta akan bisa berpengaruh pada  waktu ovulasi.  Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

Bagi beberapa perempuan, kalau  tanggal haid terlambat atau tidak menstruasi merupakan ciri kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan mengetahui cara memperhitungkan waktu subur atau cara memperkirakan waktu  tidak subur, wanita akan dapat  menghindari kehamilan pada masa subur atau melakukan aktivitas menambah momongan pada waktu subur.  Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

 

Selain itu, tidak sekedar paham cara menghitung kapan perkiraan waktu subur pria saja, akan tetapi juga mengetahui  cara memperkirakan  masa subur wanita  juga amat penting buat  perempuan  yang sedang promil.  Menentukan  waktu  subur tiap  pasangan biasanya jadi  langkah awal. Oleh sebab itu, cara memperkirakan masa subur wanita agar  cepat hamil merupakan aspek penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

Masa subur tergantung kepada siklus haid  dan karena ini terjadinya {pada setiap perempuan berbeda|berbeda pada setiap wanita. Waktu subur pada perempuan dengan menstruasi  yang teratur bakal  berbeda dengan wanita yang datang bulannya tak  teratur.

 

Supaya Anda bisa memahami  bagaimana memperkirakan masa subur, simak ulasan berikut ini.

 

Bagaimana  Menghitung Perkiraan Kapan  Masa Subur Pada Wanita Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa - Cara memperkirakan waktu subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara praktis dan mudah buat Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama datang bulan, saat ovum meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa datang bulan, sel telur atau ovum akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. masa subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, rata-rata  perempuan mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu menstruasi perempuan bisa  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih cepat atau lebih lambat pada periode selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Agar dapat hamil, ovum yang telah siap  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Singkatnya  waktu 12-14 jam waktu sel telur mesti segera dibuahi sperma menjadikan pentingnya  mendeteksi  kapan waktu  wanita  berada dalam masa paling subur. Biasanya untuk dapat benar-benar mengerti masa subur, mesti menghitung berdasarkan analisa dan catatan haid paling tidak selama 8 bulan terakhir.

 

Bagi Kamu dengan siklus haid teratur, amat mudah untuk memperkirakan kapan waktu subur anda. Cukup kurangi hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan itulah masa suburnya.

 

Misalnya kamu mulai haid pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah waktu subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Masa Haid


Pada hari pertama siklus Anda, Rahim (endometrium)  mulai luruh. Anda mengetahuinya sebagai haid. Masa menstruasi  normal akan  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat haid berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat-saat  Anda merasakan kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama tahap folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Umunya, satu telur dilepaskan di setiap siklusnya. Proses ini bisa memakan waktu yang sebentar atau lama dan mempunyai peranan penting pada berapa lama siklus Anda. Di saat bersamaan, endometrium mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Fase Luteal


Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa - Tahap ini dimulai pada waktu ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus haid yang normal. Jika  sel telur dibuahi sperma kemudian  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Bila sel telur tak dibuahi, endometrium akan luruh.

 

Bila siklus menstruasi yang teratur menjadi tak teratur, ini bisa saja menjadi tanda adanya masalah hormon dan atau tiroid, fungsi hati, usus besar, gula darah, atau masalah kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Waktu Subur Datang Bulan Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara memperkirakan  masa subur pada wanita dengan siklus haid teratur berbeda dengan cara menghitung pada wanita dengan siklus datang bulan tak teratur. Untuk Anda yang mempunyai siklus menstruasi {tidak|tak{ teratur, cara memperkirakan waktu suburnya agak sedikit rumit, sebab mesti diketahui siklus datang bulan minimal enam bulan terakhir.  Masa Subur Wanita Pada Tanggal Berapa

Satu siklus haid dihitung sejak pertama Anda menstruasi sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Selanjutnya, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan siklus tiap-tiap haid Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian perhatikan berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus datang bulan Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan melihat catatan tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai sini Anda sudah dapat mengetahui kapan waktu subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung masa subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung waktu subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com