Kamis, 27 Desember 2018

Manfaat Jahe Hitam

BEBERARAP KHASIAT JAHE BAGI KESEHATAN


Manfaat Jahe Hitam

Manfaat Jahe Hitam - Jahe merupakan tanaman herbal yang selalu dipercaya masyarakat bisa mengatasi berbagai macam kondisi, mulai dari mual, batuk, nyeri otot hingga penanganan kanker.  Apabila ditinjau dari segi medis, setidaknya terdapat lima khasiat jahe yang baik bagi tubuh.

Artikel lainnya

Khasiat Daun Salam

Fungsi antibiotik

Manfaat toge untuk kesuburan lelaki

Penyubur kandungan di google

Manfaat Jahe Hitam - Jahe memiliki  senyawa kimia yang  dipercaya  dapat  menimbulkan efek positif  di lambung  dan juga usus.  Tidak hanya itu, senyawa ini mungkin dapat meredam rasa mual dengan cara memberikan  efek pada otak dan sistem saraf.  Manfaat Jahe Hitam

 

Berikut ini lima kondisi yang sangat effektif  jika diatasi dengan cara mengkonsumsi  jahe:

 


Kondisi ini membuat  Anda merasa seperti berputar (vertigo)ataupun kepala terasa ringan (lightheadedness).  Dapat juga terasa seperti kehilangan keseimbangan dan terasa melayang.  Jahe dipercaya dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah ke otak.  Selain itu jahe dipercaya bisa meringankan mual.  Manfaat Jahe Hitam

 

Meredakan Nyeri Saat Sedang Menstruasi


Untuk wanita yang  saat menstruasi sering merasa nyeri, boleh mencoba ekstrak jahe dengan aturan pakai empat kali sehari dalam 3 hari awal sejak menstruasi.  Banyak  penelitian menunjukkan bahwa Mengkonsumsi jahe dapat  membantu mengurangi  gejala nyeri menstruasi.  Khasiat jahe hampir sama dengan ibuprofen dan juga asam mefenamat.

 

Mencegah Morning Sickness


Di awal masa kehamilan beberapa wanita pasti akan merasakan mual dan juga muntah.  Untuk anda yang mengalami hal seperti ini tidak usah khawatir, karena  anda dapat  mengkonsumsi  jahe untuk meredakan rasa mual nya.  Tapi perlu di ingat juga bagi  ibu yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi sesuatu, khususnya obat_obatan.  Oleh karena itu sebelum anda mengonsumsi jahe, sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda.

 

Mampu Mengobati Osteoarthritis


Salah satu penelitian telah membuktikan bahwa, ekstrak jahe dapat  mengobati  rasa nyeri yang timbul akibat  kondisi ini.  Senyawa yang ada pada  jahe dapat  mengurangi zat kimia yang menyebabkan peradangan sendi.  Selain itu, jahe juga mampu  merangsang  tubuh memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang dapat meredakan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

 

Mual Dan Muntah Usai Operasi


Mengonsumsi  jahe  sebelum  operasi sepertinya bisa  mengurangi rasa mual dan muntah setelah operasi.  Selain dikonsumsi melalui mulut, mengoleskan minyak jahe pada  pergelangan tangan juga sepertinya dapat mencegah mual.

 

Apakah pernah  mendengar sebuah pernyataan bahwa jahe bisa berkhasiat  mencegah mabuk  darat  dan mabuk laut? Menurut  kebanyakan orang dengan mengkonsumsi jahe saat sebelum  melakukan perjaanan lewat darat atau laut , membuat perjalanan menjadi lebih nyaman. Tapi ada kemungkinan juga hal itu tidak benar,  sebab perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, untuk memastikannya.  Begitu pula dengan klaim manfaat jahe yang berkaitan dengan penurunan berat badan.

 

Efek Samping Mengonsumsi Jahe


Jahe memang  baik untuk dikonsumsi,  akan tetapi  tetap saja ada effek samping,  misalnya seperti diare, membuat perut jadi terasa tidak nyaman, dan juga nyeri di ulu hati.  dan bisa juga menyebabkan iritasi pada kulit.

 

Ada beberapa orang yang harus berhati-hati dalam mengonsumsi  jahe.  Mereka ialah  wanita  hamil dan yang menyusui, penderita diabetes, memiliki riwayat  gangguan pendarahan dan organ hati.

 

Dari segi medis khasiat  jahe memang belum ada yang terbukti.  Akan tetapi  anda bisa juga  mencobanya untuk beberapa kondisi yang  sudah di sebutkan di atas.  Tapi ada baiknya untuk mengkonsultasikan  terlebih dahulu  dengan  dokter sebelum mengkonsumsi jahe.  Manfaat Jahe Hitam