Sabtu, 29 Desember 2018

Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

Cara Menghitung masa Subur Wanita Secara Mudah Dan Akurat


Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid - Waktu subur pada wanita harus  diperhitungkan dengan cermat untuk menetapkan waktu  yang tepat {untuk|buat melakukan hubungan  intim buat  yang mau  memiliki momongan atau menghindari kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting buat  para wanita untuk memahami cara memperkirakan kapan masa subur wanita yang benar.  Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

Baca juga artikel lainnya

Khasiat daun salam untuk kesehatan dan kecantikan

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Gejala Diabetes

Madu Penyubur Kandungan di Google

 

Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid - Meskipun Anda menyebutnya tamu bulanan, menstruasi, datang bulan, atau sebutan lainnya, menstruasi  adalah peristiwa  yang pasti dialami dan dijalani oleh perempuan, mulai sejak akil balik sampai umur  40 - 50an. Hal ini merupakan  keadaan wajar dan normal  dalam proses perkembangan dan pertumbuhan.

 

Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid - Penting buat wanita buat tahu tentang  jadwal menstruasinya  dan paham bagaimana menghitung waktu subur setelah haid/menstruasi. Waktu pelepasan sel telur atau ovum berbeda-beda waktunya, hal tersebut disesuaikan pada kondisi emosi perempuan. Emosi  perempuan sangat berpengaruh pada reflex hipotalamus hingga dapat  memengaruhi lepasnya faktor FSH dan LG serta akan dapat berpengaruh kepada  masa ovulasi.  Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

Bagi beberapa wanita, kalau  tanggal menstruasi terlambat atau tidak menstruasi merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Kebanyakan macam-macam cara kontrasepsi tidak mengontrol laju kelahiran hingga mencapai angka 100 persen. Oleh karena itu, dengan memahami bagaimana cara memperhitungkan masa subur atau bagaimana cara memperhitungkan masa  tidak subur, wanita akan bisa  menghindari kehamilan pada waktu subur atau melakukan hubungan seks untuk menambah momongan pada masa subur.  Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

 

Selain itu, tidak Cuma memahami bagaimana cara menghitung kapan waktu subur lelaki saja, namun mengetahui  cara menghitung  waktu subur wanita  juga amat sangat penting buat  mereka  yang sedang promil.  Menentukan  waktu  subur masing-masing  pasangan biasanya menjadi  langkah awal. Oleh karena itu, cara memperkirakan waktu subur wanita agar  cepat hamil merupakan salah satu aspek paling penting  sebelum memulai program selanjutnya.

 

waktu subur tergantung kepada siklus menstruasi  dan karena datang bulan waktunya {pada setiap wanita berbeda-beda|berbeda pada setiap perempuan. Waktu subur pada wanita dengan datang bulan  yang teratur akan  berbeda dengan perempuan yang mentruasinya tak  teratur.

 

Agar Anda dapat mengerti  bagaimana cara menghitung waktu subur, simak artikel berikut.

 

Bagaimana Cara  Menghitung  Waktu Subur Pada Wanita Dengan Siklus Datang Bulan Teratur


 

Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid - Cara menghitung masa subur dengan kalender maupun online bisa jadi cara praktis dan mudah buat Anda. Perhitungan dimulai pada hari pertama haid, saat dinding Rahim meluruh dan menjadi darah karena tidak dibuahi. Pada masa datang bulan, sel telur akan berkembang di dalam ovarium. Saat sel telur sudah matang, ovarium akan melepaskan sel telur tersebut. Peristiwa ini disebut ovulasi.

 

Ovulasi terjadi sekitar 12-16 hari sebelum menstruasi. waktu subur terjadi 5-6 hari sebelum masa ovulasi. Jelasnya, normalnya  wanita mengalami waktu subur antara hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah hari pertama menstruasi.

 

Yang menjadi tantangan adalah pada umumnya lama waktu menstruasi perempuan bisa saja  berubah dari waktu ke waktu. Kondisi ini membuat ovulasi dapat berbeda sepekan lebih lambat atau lebih cepat pada periode selanjutnya.

 

Di sisi lain, selain proses ovulasi, kehamilan sangat ditentukan oleh proses sperma menjangkau sel telur. Supaya dapat hamil, sel telur yang sudah matang  ini harus dibuahi sperma dalam waktu 12 - 24 jam.

 

Pendeknya  periode 12-14 jam waktu sel telur harus dibuahi sperma menjadikan penting  memahami tentang  kapan  wanita  berada pada posisi paling subur. Biasanya untuk dapat benar-benar mengerti masa subur, harus menghitung berdasarkan analisa dan catatan haid selama paling tidak 8 bulan terakhir.

 

Untuk Anda dengan siklus datang bulan teratur, cara menghitung waktu subur mudah saja. Kurangi saja hari pertama menstruasi yang berikutnya dengan 14 dan ketemulah masa suburnya.

 

Misalnya saja kamu mulai datang bulan pada tanggal 2 Juli, tambahkan dengan 28, dan itu adalah hari pertama haid Anda berikutnya. Jadi 30 Juli. Setelah itu kurangi 30 dengan 14, dan ketemulah masa subur Anda. 30 - 14 = 16, maka waktu subur Anda tanggal 16 Juli.

 

Siklus Menstruasi Pada Perempuan Dapat Dibagi Menjadi 3 Fase :


 

Waktu Haid


Hari pertama siklus Anda, endometrium (rahim)  mulai luruh. Anda mengenalnya sebagai haid. Masa datang bulan  normal akan  berlangsung 4-6 hari. Sebagian besar kehilangan darah saat menstruasi berlangsung pada 3 hari pertama. Ini adalah saat-saat  Anda mengalami kram panggul, kaki, dan punggung Anda. Kram adalah  tanda rahim Anda berkontraksi, membantu Rahim  meluruhkan darah.

 

Tahap Folikular


Selama fase folikular, foliker telur pada ovarium siap melepaskan telur. Normalnya, satu sel telur dilepaskan setiap siklusnya. Peristiwa ini dapat memakan waktu yang singkat atau lama dan mempunyai peranan penting pada berapa lama siklus Anda. Di saat bersamaan, Rahim atau endometrium mulai menumbuhkan endometrium baru untuk mempersiapkan kehamilan.

 

Tahap Luteal


Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid - Fase ini dimulai pada saat ovulasi, saat di mana telur dilepaskan dari folikel telur di ovarium. Hal ini dapat terjadi  kapan saja dari hari ke 7 sampai hari ke 22 dari siklus haid yang normal. Kalau  sel telur dibuahi sperma dan  menempel pada endometrium, kehamilan dimulai. Jika ovum atau sel telur tak dibuahi, endometrium akan luruh.

 

Kalau siklus haid yang teratur menjadi tak teratur, ini bisa saja menandakan ada masalah hormon dan atau tiroid, masalah fungsi hati, masalah usus besar, diabetes, atau penyakit kesehatan lainnya.

 

Cara Menghitung Masa Subur Menstruasi Tidak Teratur Pada Perempuan


 

Cara memperkirakan  waktu subur pada perempuan dengan siklus menstruasi teratur berbeda dengan cara menghitung pada perempuan dengan siklus haid tidak teratur. Untuk Anda yang mempunyai siklus datang bulan {tidak|tak{ teratur, cara menghitung masa suburnya lumayan rumit, sebab mesti diketahui siklus haid minimal enam bulan terakhir.  Menghitung Tingkat Kesuburan Wanita Setelah Haid

Satu siklus haid dihitung sejak pertama Anda datang bulan sebelumnya sampai dengan hari pertama Anda menstruasi berikutnya. Kemudian, hitung dengan cermat berapa jumlah hari dan masing-masing siklus menstruasi Anda selama 6 kali berturut-turut dan kemudian lihat berapa hari siklus terpanjangnya dan berapa hari juga siklus terpendeknya.

 

Misal siklus haid Anda selama 6 bulan berturut-turut adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, 30 hari. Dengan memperhatikan contoh tersebut, maka siklus haid terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang 31 hari. Sampai di sini Anda telah dapat mengetahui kapan masa subur Anda sendiri.

 

Anda dapat menghitung waktu subur sebagai berikut :

Ketahui siklus terpendek Anda. Misal: 26 hari. Kurangi angka ini dengan 18. Hasilnya: 6. Angka ini adalah hari pertama saat Anda berada pada posisi paling subur.

 

Ketahui siklus terpanjang Anda. Misal: 31 hari. Kurangi angka ini dengan angka 11. Hasilnya: 20. Angka ini adalah hari terakhir saat Anda paling subur.

 

Begitulah cara menghitung masa subur wanita secara akurat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Optimalkan masa subur anda dengan mengoptimalkan kesuburan Rahim dan sperma, agar semakin besar peluang terjadinya kehamilan dengan rutin mengkonsumsi madu penyubur kandungan, madu penyubur pria dan serbuk kurma muda, untuk informasi dan pemesanan silahkan anda menghubungi 081511194344 atau 085691308899, anda juga bisa mengunjungi web kami di Penyuburkandunganherbal.com